Mohon tunggu...
Widianti Kumalasari
Widianti Kumalasari Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN 30 UTM

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tingkatkan Nilai Guna Produk, KKN 30 UTM Buka Kelas Desain Produk

24 Juli 2019   09:26 Diperbarui: 24 Juli 2019   18:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tingkatkan Nilai Guna Produk, KKN 30 UTM Buka Kelas Desain Produk
Potret saat proses pelatihan menggunakan software coreldraw x7 berlangsung (Dokumen Pribadi)



Bangkalan - Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. 

Apalagi dengan adanya revolusi industry 4.0 sehingga menambah setiap aspek kemudahan. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. 

Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia salah satunya yaitu komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 

Komputer mempunyai beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software dan brainware. Software terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu CorelDraw

Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software ini, juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, terutama pada perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangannya.

Desa Kwanyar Barat sendiri telah memiliki produksi kerupuk skala besar, namun belum memilikinya logo pada kemasannya. Dengan alasan tersebut maksud dan tujuan di adakannya pelatihan kelas desain ini adalah melihat kondisi industri -- industri rumahan olahan krupuk yang berada di kawasan sekitar desa kwanyar barat ini dalam produksinya kebanyakan tidak ada labelnya . Jadi untuk pemasarannya hanya berupa krupuk yang dibungkus dengan plastik saja tanpa label.

Melihat kondisi yang ada, kelompok KKN 30 berinisiatif untuk mengadakan pelatihan kelas desain. Pelatihan kelas desain ini sasarannya adalah untuk remaja-remaja desa yang ada di Desa Kwanyar Barat dari rata-rata  jenjang sekolah mulai SMP dan SMA/K. 

Kami mengajak para remaja desa untuk mengikuti Pelatihan kelas desain supaya kedepannya bisa di kembangkan lagi potensi dalam dunia desain grafis apabila di butuhkan softskill nya untuk mendesain logo/label produk dari industri-industri rumahan olahan krupuk yang berada di sekitar desa kwanyar barat.

Dalamp rogram ini kami menerapkan pembelajaran dan pelatihan tentang Aplikasi Corel Draw X7 yang dipandu oleh anggota kelompok KKN yang berjumlah 5 orang tutor, dengan 1 tutor yang memandu jalannya demonstrasi desain yang di ikuti perserta pelatihan tiap step by step desain. (20/07/2019)

Pelaksanaankegiatan ini berjalan dengan lancar sekalipun ada beberapa peserta yang tidak dapat hadir mengikuti pelatihan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2