Mohon tunggu...
Abrurizal Wicaksono
Abrurizal Wicaksono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance consultant

Manusia yang selalu berusaha belajar dan belajar dari pengalaman hidupnya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Smartphone Photography, Memaksimalkan Gadget untuk Memuaskan Hobi

10 Agustus 2022   08:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   08:06 102 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by Lina Kivaka: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-maroon-long-sleeved-shirt-holding-smartphone-1458759/ 

Perkembangan fitur kamera di smartphone dewasa ini makin menjanjikan. Tercatat beberapa teknologi baru tersematkan dan membuat dominasi kamera digital mulai tersisihkan. Terbaru juga Vivo X80 Pro launching mengunggulkan fitur kamera dengan kerjasama produsen lensa kamera dari Jerman yaitu Zeiss makin menambahkan kesan bahwa smartphone ini bisa diajak untuk keperluan tidak hanya sekedar selfie, bisa saja jika berada di tangan orang -- orang yang kreatif mampu menghasilkan entah film pendek atau dokumenter seperti iPhone ditangan para profesional maupun foto -- foto yang selalu menarik mata orang awam seperti saya ini.

Bicara mengenai teknologi kamera di smartphone, sebenarnya ukuran megapixel bukanlah patokan utama saya dalam menentukan pilihan. Saya adalah tipe orang yang mengedepankan semua fungsi dan paling utama tentunya kapasitas baterai. Lantas mengapa pada tulisan kali ini saya membahas smartphone photography?

Sebagai orang yang memiliki budget pas -- pasan dan lebih memprioritaskan keluarga namun ingin hobi seperti jalan -- jalan serta foto -- foto atau video, maka saya harus tahu bagaimana dengan upaya yang minimum mampu menghasilkan sesuatu yang maksimal. Salah satunya adalah bagaimana memaksimalkan smartphone yang saya punya. Saya memiliki hobi jalan -- jalan, terkadang saya ingin mengabadikan momen -- momen tertentu untuk entah sekedar dibagikan di sosial media atau mungkin hanya disimpan untuk dilihat sendiri.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan smartphone saya?

Beruntunglah sekarang kita hidup di era smartphone yang memiliki kapasitas jumbo dan ketersediaan aplikasi untuk editing foto atau video yang beragam. Ada beberapa aplikasi yang saya suka untuk edit -- edit tersebut, namun saya juga terkadang lebih suka dengan hasil yang apa adanya. Berikut ini saya lampirkan salah satu foto random yang saya foto tadi sore, diambil memang secara random ketika dalam perjalanan menjemput istri dari tempatnya bekerja.

dokpribadi
dokpribadi

Terkait komposisi warna pada kamera yang ada di smartphone jika tanpa diedit saya memang menyukai hasil dari merk Xiaomi atau Poco. Ini kali ketiga mungkin jika tidak salah ingat saya menggunakan merk tersebut, sebelumnya saya menggunakan Redmi 3S yang kemudian dihibahkan ke adik saya berlanjut ke Redmi 4x yang hilang saat perjalanan dari stasiun Sudirman ke rumah pada tahun 2019 lalu. Hingga yang terakhir ini tukar dengan istri karena smartphone saya yang sebelumnya hanya bisa menggunakan satu kartu operator saja, sementara saya sendiri menggunakan dua kartu yang mana satu untuk internet dan satu untuk kebutuhan dasar (telepon dan sms orang tua). Sebenarnya juga, saya memang lebih sering untuk mengambil gambar atau video pada saat cuaca cerah atau di pagi, siang hingga sore menjelang maghrib. Jika lebih dari itu atau menjelang malam, saya memilih tidak memotret saja karena tahu sendirilah kualitasnya dari smartphone tersebut sekalipun ada fitur night mode.

Jika ada rejeki mungkin saya ingin upgrade ke jajaran Pixel, saya suka sekali dengan hasil fotonya di segala situasi baik pagi maupun malam. Ditambah hasil foto yang sering ditampilkan member -- member Google Pixel di Telegram acap membuat saya menelan ludah, melihat mereka mampu menghasilkan foto sebegitu bagusnya kenapa tidak terpikirkan untuk dijual ya atau dikomersialkan begitu. Selain melihat dari grup itu, saya juga seringkali melihat di sosial media Twitter dengan hashtag #setorfoto yang diinisasi oleh Pio Kharisma. Saya suka juga setiap hashtag ini muncul, seringkali terkagum -- kagum betapa smartphone photography ini makin mendapat tempat di semua kalangan. Terkadang melihatnya juga membuat saya rindu jalan -- jalan berkeliling seperti dulu lagi, namun entah kenapa sekarang jadi jarang ada waktunya ya.

Demikian tulisan dari saya mengenai smartphone photography ini, mungkin lain waktu juga saya akan share entah perjalanan dan dokumentasi -- dokumentasi yang dihasilkan dari smartphone saya ini. Semoga saja tidak lupa ya, hehehe.

Salam hangat.

Rizal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan