Mohon tunggu...
Wicaksana Adi
Wicaksana Adi Mohon Tunggu... Penulis Pemula

ig : wicaksna_adi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ini Dia, Kenapa Semua Orang Terobsesi Menjadi Pemimpin

9 Desember 2019   15:31 Diperbarui: 9 Desember 2019   15:52 31 0 0 Mohon Tunggu...

Kamu kelak akan menjadi pemimpin dunia anakku, kata - kata itu beberapa dari kita mungkin pernah mendengarnya dari orang tua atau guru - guru kita ketika SD, SMP atau SMA, bahkan ketika kuliah pun kata - kata itu masih melekat. Lalu apa yang sebenarnya yang orang harapkan jika kita menjadi pemimpin dan mengapa semua orang terobsesi untuk menjadi seorang pemimpin ? Berikut adalah 5 Fakta Kepemimpinan yang perlu kamu ketahui :

1. Seorang pemimpin adalah seorang penggerak

Benda yang tidak bergerak disebut benda mati, setidaknya itulah kalimat dari buku biologi SD yang saya baca tentang ciri - ciri mahluk hidup. Menjadi seorang pemimpin berarti menjadi seseorang yang mampu menggerakkan orang - orang disekitarnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk itu lah mengapa seorang pemimpin diharapkan selalu bisa memotivasi dan mendorong semangat anggota - anggotanya untuk terus berkarya. Mereka yang tidak bisa mendongkrak semangat orang - orang di sekitarnya dan malah sebalikknya memberikan nilai - nilai kepesimisan tidak pantas disebut pemimpin. 

2. Seorang pemimpin selalu memiliki inisiatif

Menjadi seseorang pemimpin sejati berarti seorang tersebut mampu melihat permasalahan yang terjadi kemudian dengan pemikirannya mampu melihat jalan keluar untuk kemudian meneruskannya kepada bawahan - bawahan atau anggota - anggotanya. 

3. Seorang dengan jiwa kepemimpinan berani mengambil sikap

Seorang dengan jiwa kepemimpinan cenederung berani mengambil sikap dan tidak sungkan untuk memberikan sanksi, sedangkan seorang ketua biasanya cenderung mengikuti aturan, norma dan bersikap defensif untuk melindungi anggotanya. Seseorang yang berjiwa pemimpin ringkasnya adalah seseorang yang memiliki suatu tujuan yang kokoh, semakin kokoh tujuan seorang pemimpin maka dia akan menjadi semakin berani untuk mengambil sikap dan keputusan. Sedangkan seorang ketua cenderung memilih untuk menjaga apa yang sudah atau organisasi tersebut miliki tanpa atau dengan ambisi yang lebih terkontrol dan lebih memilih untuk mengikuti aturan dibandingkan dengan melanggarnya untuk suatu keputusan. 

4. Seorang pemimpin lahir dari masalah 

Seorang pemimpin biasanya adalah orang yang lahir dari suatu masalah. Mirip dengan alasan pertama jika seorang pemimpin sering kali memberikan berbagai inisiatif yang dapat dijadikan sebagai solusi dari berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh anggotanya. Inisiatif atau keputusan seorang pemimpin sejati biasanya akan sangat diikuti dan disegani oleh anggota - anggotanya sehingga bisa memberikan suatu hal yang berbeda dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

5. Pemimpin sejati berani memberi keputusan  

Sifat lain dari seorang pemimpin sejati adalah dia adalah orang yang bisa dan  memberikan arahan kepada anggota - anggotanya dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang hanya dapat diselesaikan bersama dengan memberikan keputusan yang merupakan suatu kesimpulan dari apa yang sudah dibahas oleh orang - orang dalam organisasi atau kelompoknya.

Itulah beberapa definisi dan fakta dari seorang pemimpin, punya pandangan dan pendapat lain ? Jangan lupa komen ya 

VIDEO PILIHAN