Mohon tunggu...
WIANDA AGHNIA SALSABILA
WIANDA AGHNIA SALSABILA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Sekolah Vokasi IPB

Mahasiswi Sekolah Vokasi IPB

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan yang Baik Menghasilkan Anak yang Berkualitas Tinggi

30 Juli 2021   15:26 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:21 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan yang Baik Menghasilkan Anak yang Berkualitas Tinggi
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Wianda Aghnia Salsabila

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dan penunjang bagi masa depan. Dimana pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses pembelajaran yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Pendidikan di mulai ketika masa kanak - kanak, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai ke perguruan tinggi. 

Ketika masa kanak - kanak yang di mana pada masa itu kita harus membiasakan anak - anak terhadap kebiasaan yang baik, tentang kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Pendidikan juga dapat terlaksana dibawah bimbingan guru maupun secara otodidak. Namun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian Pendidikan itu sendiri adalah proses mengubah sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu kelompok.

Secara umum tujuan utama pendidikan adalah mencerdaskan anak bangsa, dapat menjadi wadah untuk mengembangkan potensi dan menanamkan karakter pada sang anak. Dengan tercukupinya Pendidikan yang diberikan kepada anak, akan berdampak langsung pada masa depan sang anak. Memulainya pendidikan sejak dini, tentunya dapat membangun karakter seorang anak dalam berperilaku. Sehingga sang anak mendapatkan pendidikan yang layak, untuk menjamin masa depan yang cerah. Tapi hal itu tidak akan terwujud bila aspek pendidikan belum maksimal.

Aspek -- aspek penunjang Pendidikan :

- Sistem Pendidikan Sistem Pendidikan menurupakan pilar pertama dalam proses mengajar, dimana diperlukannya sistem Pendidikan yang sangat mempuni. Dengan standar nya masing -- masing, agar semua potensi anak bangsa dapat di ketahui dan di kembangkan dengan sistem Pendidikan yang sangat baik.

- Kualitas Guru. Berkualitas nya seorang guru dapat mempengaruhi tingkat kepintaran sang anak, Ketika sang guru memiliki kualitas yang baik maka ia akan memberikan pengajaran terbaik dalam hal karakter maupun pengetahuan. Maka dari itu aspek ini menjadi point utama dalam hal memaksimalkan aspek Pendidikan.

- Sarana Penunjang Pendidikan. Sarana dan prasana penunjang Pendidikan cukup penting di karena kan jika sarana dan prasarana nya cukup baik dapat mengembangkan potensi yang di miliki seorang pelajar.karena mengembangkan potensi yang di miliki oleh seorang pelajar itu tidak cukup hanya dengan seorang guru yang berkualitas saja namun dengan ada nya sarana membantu sang anak dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki nya.

Aspek - aspek pendukung tersebut harus dipenuhi agar semua potensi dan bakat anak bangsa dapat di kembangkan secara maksimal, untuk Indonesia lebih maju maka dari itu sistem Pendidikan, kualitas guru, sarana dan prasarana adalah aspek penunjang Pendidikan yang sangat penting bagi tercipatanya generasi -- generasi anak muda yang berkualitas tinggi.

Namun pada saat ini, kita di haruskan membiasakan diri terhadap proses pembelajaran yang baru, yang dimana semua hal yang kita lakukan melibatkan teknologi. Banyak pelajar yang kesulitan untuk membiasakan diri terhadap cara baru dalam proses pembelajaran, namun bukan hanya pelajar saja yang kesulitan dalam proses pembelajaran tetapi guru pun sangat sulit untuk membiasakan akan hal ini.

Oleh karena itu, diperlukan pelatihan untuk para tenaga pengajar agar dapat memaksimalkan teknologi yang ada saat ini, serta memperkenalkan teknologi tersebut kepada semua peserta didik yang tentunya dibawah bimbingan guru atau pun orang tua. Dan akses internet pun harus dibagikan secara merata. Agar meminimalisir keadaan yang membuat peserta didik tidak dapat mengikuti proses pembelajaran Sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana kan dengan baik dan lancar sesuai dengan aspek pendukung tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN