Mohon tunggu...
wewin widiansyahrani
wewin widiansyahrani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Just a little girl with big dream

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan LMS Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021   08:58 Diperbarui: 1 Agustus 2021   09:10 151 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan LMS Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

 

Pandemi Covid-19 masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Penularan Covid-19 memberikan dampak signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, kementerian pendidikan dan kebudayaan membuat kebijakan tentang proses pembelajaran di rumah atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) bagi seluruh insan akademik di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk tetap melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam kondisi seperti ini guru harus lebih aktif dan kreatif untuk memfasilitasi siswa agar proses pembelajaran tetap berlangsung.  

Pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh guru dan siswa menggunakan teknologi sebagai perantara untuk memudahkan kegiatan belajar-mengajar. Selain itu penggunaan platform pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, contohnya penggunaan LMS.

Sebenarnya apa itu Learning Management System (LMS) dan apa fungsinya?

Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak (software) untuk mengatur, merencanakan, dokumentasi, pelacakan dan pelaporan serta mengatur penyampaian materi pembelajaran.  Saat ini sudah banyak platform LMS gratis yang dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah Google Classroom.

  1. Pengertian Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

  1. Fitur Google Classroom

Google classroom banyak mengaitkan layanan Google secara bersamaan untuk mengatur proses interaksi bagi lembaga-lembaga pendidikan. Fitur dalam Google Classroom, antara lain:

  • Membuat pengumuman

Pada tampilan awal google classroom terdapat fitur untuk membuat pegumuman. Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa.  Contohnya seperti gambar disamping, bapak/ibu dapat menambahkan lampiran berupa materi, gambar, video ataupun link yang berkaitan dengan pembelajaran.

  • Tugas

Fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa. Guru dapat membuat tugas, tugas kuis, pertanyaan dan materi.

- Tugas, pada fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa, guru dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

- Tugas kuis, pada fitur tugas kuis ini akan langsung terintegrasi dengan google form. Guru juga dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

- Tugas pertanyaan, fitur ini digunakan untuk memberikan pertanyaan kepada siswa, jawaban dari siswa berupa komentar. Pada sebelah kanan terdapat beberapa menu seperti poin, tenggat waktu dan topik serta pilihan siswa dapat membalas jawaban siswa lain serta siswa  dapat mengedit jawaban.

- Materi, pada fitur materi ini guru dapat mengupload materi yang akan dipelajari, dapat menambahkan lampiran google drive, link, file ataupun video.

  • Posting kembali

Fitur ini digunakan untuk memposting kembali tugas yang telah diberikan agar dapat digunakan di kelas lain. Hal ini berguna bagi guru yang memiliki beberapa kelas yang harus diajar.

  • Bergabung ke kelas

Untuk bergabung ke dalam kelas, siswa harus memasukan kode join. Terdapat dua cara untuk bergabung ke dalam kelas, yaitu dengan membagikan kode join yang dapat diperoleh pada tampilan awal google classroom dan memberikan link undangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN