Wendi Cahya Setiadi
Wendi Cahya Setiadi

Mahasiswa biasa yang ingin berbagi pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ini Barang yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Hemat di Jepang

12 Februari 2018   12:34 Diperbarui: 12 Februari 2018   18:06 1179 3 0
Ini Barang yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Hemat di Jepang
Ilustrasi. Phinemo.

Dalam menjalani bahtera rumah tangga sebagai pasangan suami istri, tentunya banyak yang harus dipersiapkan untuk keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Lebih menantang lagi apabila kamu harus tinggal di luar negeri baik karena pekerjaan atau melanjutkan kuliah seperti halnya saya dan istri saya sekarang tinggal di Jepang. 

Wajib kamu ketahui tidak semua tempat tinggal di Jepang (apato) menyediakan peralatan lengkap yang siap pakai, maka dari itu kita harus membeli perlengkapan yang belum tersedia. Tidak perlu sekaligus, kita bisa membelinya secara bertahap sesuai dengan budget yang kita punya. Berikut 5 barang yang saya rekomendasikan untuk kamu miliki saat tinggal berumah tangga di luar negeri khususnya di Jepang.

1. Rice Cooker

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Sebagai asli orang Indonesia, makanan pokok kita adalah nasi, biasanya orang Indonesia bilang bukan makan kalau tanpa nasi. Kabar baiknya di Jepang tidak sulit mendapatkan beras, karena makanan pokok orang jepang juga adalah nasi. Kita bisa membeli beras secara online ataupun langsung ke super market terdekat.

Mempunyai rice cooker akan menghemat pengeluaran kita saat tinggal di luar negeri, apalagi jika kita tinggal berdua dengan suami/istri kita, memasak nasi di rumah akan sangat memotong biaya bulanan yang harus dikeluarkan jika kita makan di restoran. Untuk mendapatkan rice cooker kita bisa membeli secara online atau di toko listrik, saran saya tidak perlu membeli yang baru, cukup beli yang bekas yang masih bagus, lebih beruntung lagi jika kamu bisa dapatkan secara gratis dari senior yang akan pulang ke Indonesia.

2. Kompor

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Jika kamu ingin menghemat pengeluaran kebutuhan paling utama yaitu makan jawabannya adalah masaklah di rumah. Kompor adalah barang wajib kedua yang harus kamu punya saat tinggal di luar negeri. Beruntunglah kamu jika jago memasak atau punya istri yang pandai memasak (seperti halnya istri saya, hehe), kamu bisa memasak makanan asli Indonesia untuk mengurangi rasa rindu kamu kepada Indonesia. Dengan adanya kompor kamu bisa memasak masakan apapun yang ingin kamu makan dan tentunya halal.

Di Indonesia, kita bisa makan makanan pinggir jalan dengan tenang tanpa perlu menanyakan makanan ini halal atau tidak karena secara tidak sadar kita sudah menganggap bahwa makanan tersebut boleh dimakan. Beda halnya ketika kita tinggal di Jepang, kita lebih berhati-hati dalam hal makanan, sangat sedikit sekali makanan yang berlabel halal, oleh karena itu kompor menjadi kebutuhan paling utama saat tinggal di luar negeri. Kompor di Jepang ada dua jenis pertama kompor listrik kedua kompor gas. Kebanyakan kompor gas rumahan di sini sudah mempunya safety teknologi yang tinggi, jadi bagi kamu yang tidak terlalu pandai memasak jangan khawatir, kamu bisa mulai belajar memasak di sini.

3. Mesin Cuci

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Tips berhemat ketiga saat tinggal di luar negeri adalah cucilah pakaian kamu sendiri dengan menggunakan mesin cuci. Sebenarnya di Jepang ada juga tempat laundry mirip dengan Indonesia atau laundry cointapi harganya cukup menguras kantong, kita juga bisa mencuci pakaian tanpa menggunakan mesin cuci, tapi bayangkan ketika winter, air di sini sangat dingin sehingga kita tidak kuat mencucinya tanpa menggunakan mesin cuci. Memang ada air hangat, hanya saja tagihan gas akhir bulan akan terasa mahal apabila setiap mencuci pakaian kita menggunakan air panas. Selain itu dengan menggunakan mesin cuci kita bisa menghemat waktu dan tenaga, kita hanya perlu memasukan pakaian ke dalam mesin dan meninggalkannya sembari malakukan hal produktif lainnya.

4. Lemari Es

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Awal bulan biasanya dipakai pasangan suami istri untuk belanja bulanan. Lemari es menjadi penting ketika kamu sudah membeli bahan makanan yang banyak seperti daging, ayam, sayuran, susu, ikan dan lain lain di awal bulan. Seperti kita ketahui lemari es sangat berfungsi untuk menyimpan bahan makanan agar tidak cepat basi. Bayangkan kalau kamu sudah beli susu dan disimpan di ruangan biasa ketika musim panas (summer) mungkin susu tersebut akan lebih cepat basi. Dengan adanya lemari es kamu ga perlu bolak balik ke super market untuk membeli bahan makanan, cukup beli sekali saja pada awal bulan dan simpan di dalam lemari es, maka kamu akan menghemat biasa transportasi kamu.

5. Microwave Oven

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Bagi pasangan suami istri yang tinggal di Jepang, microwave mungkin akan sangat berguna untuk menghemat pengeluaran tagihan gas. Ibu rumah tangga biasanya ingin memasak makanan di pagi hari dan masih bisa dimakan ketika sore hari. Microwave sangat membantu untuk memanaskan makanan yang sudah dingin, kita juga bisa memanfaatkan microwave ini untuk menghangatkan nasi. Selain itu ibu muda biasanya ingin mengkreasikan makanan misalnya membuat aneka ragam kue roti dll, microwave oven menjadi solusi dari keinginan para ibu-ibu muda.

Itu adalah tips dari saya semoga bermanfaat, bagi kamu yang ingin menambahkan apalagi barang yang wajib ada di rumah kamu silahkan tinggal komentar di bawah. Salam hangat dari Sendai, Jepang.