Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pensiun di Timnas Inggris, Pilih Fokus Bersama Liverpool

15 April 2018   21:37 Diperbarui: 15 April 2018   22:14 815 9 2
Pensiun di Timnas Inggris, Pilih Fokus Bersama Liverpool
(James Milner merayakan keberhasilan Liverpool/sumber foto dilansir dari Dailymail)

Gaya permainannya tidak kenal menyerah, penuh determinasi dan rajin menjelajah sisi lapangan demi menciptakan peluang.Itulah gambaran James Milner, gelandang Liverpool yang memilih pensiun di Timnas Inggris untuk fokus bersama klub yang bermarkas di Anfield tersebut. Diusia yang ke-32, James Milner sejatinya masih layak bermain bersama Timnas Inggris termasuk di Putaran Final Piala Dunia 2018 Rusia.

Penampilan luar biasanya musim ini membawa dirinya bersama Liverpool lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa musim 2017-18. Gareth Southgate, pelatih Inggris pun tidak malu-malu untuk memanggil sang pemain untuk tampil lagi bersama Timnas yang telah diperkuatnya sebanyak 61 laga dan pensiun pada 2016 dengan mengoleksi satu gol. Namun pemain yang dibesarkan diakademi Leeds United tersebut memilih untuk fokus bersama Liverpool.

"Keputusan untuk pensiun dari Timnas Inggris adalah sulit tapi saya pikir dengan rehat dari laga interasional membantu saya musim ini. Kebugaran selalu menjadi kekuatan saya. Orang-orang tampaknya melihat usia dan berpikir akhir dari karir diusia lebih dari 30 tahun.Saya memiliki beberapa tahun tersisa dan saya benar-benar merasa baik untuk klub ini,"ungkap James Milner tentang keputusannya fokus bersama Liverpool.

Selain ikut membawa Liverpool lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa musim ini, James Milner juga mencatatkan prestasi tersendiri dengan menyamai rekor assist  per musim terbanyak yang sebelumnya dipegang Wayne Rooney dan Neymar yakni delapan assist. Melewati catatan rekor assist yang dicetak Ryan Giggs (MU), Ibrahimovic (PSG) dan Xavi Hernandez (Barcelona) yang membuat tujuh assist.

James Milner yang memenangkan pemain muda terbaik saat berkostum Leeds United tentunya ingin memberikan gelar pertamanya untuk Liverpool musim ini dan liga champions menjadi kesempatan terbesarnya setelah Liverpool gagal diliga primer, Piala FA dan Piala Liga. Bergabung musim 2015-16, prestasi tertinggi Milner membawa Liverpool menjadi runner up Piala Liga Inggris dan Liga Europa musim 2015-16.

Dengan total melakoni 651 laga sejak pertama kali mengawali karir profesionalnya bersama Leeds United serta mencetak 73 gol bersama Leeds, Newcastle, Aston Villa, Man City dan Liverpool membuat Milner memiliki sesuatu yang bermanfaat bagi permainan Liverpool. Walau kerap menjadi pemain pengganti namun Milner mampu menampilkan permainan yang solid dan lugas dilapangan hijau sehingga mampu membawa Liverpool memenangi laga yang dilaluinya.

YNWA