Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Butuh 300 Pertandingan untuk Mengganti Messi

12 Januari 2018   16:43 Diperbarui: 12 Januari 2018   16:52 824 4 4
Butuh 300 Pertandingan untuk Mengganti Messi
(Messi saat diganti Ousmane Dembele / sumber foto dilansir dari Dailymail.co.uk)

Messi diganti pemain lainnya sebelum laga usai,kayak jarang sekali melihat sosok andalan Barcelona dan Timnas Argentina tersebut diganti oleh sang pelatih saat laga berlangsung.Lionel Messi baru akan benar-benar tidak tampil karena faktor 'fitness'alias kondisi kesehatan ataupun juga karena faktor kualitas turnamen yang diikuti Barcelona sehingga namanya tidak dimasukkan dalam 'starting line up.Namun hal tersebut akhirnya patah juga semalam,kok bisa?

Lionel Messi yang dipasang Valverde dilini depan Barcelona bersama Luis Suarez untuk membantu timnya mengalahkan Celta Vigo dileg kedua Copa del Rey (sebelumnya di Balaidoa, Barcelona harus puas berbagi hasil imbang 1-1 yang memaksa tim asal Catalonia harus menang atas lawannya). Dan hasilnya Messi sukses mencetak dua gol kegawang Celta Vigo yang kemudian digenapkan Jordia Alba, Suarez dan Ivan Rakitic untuk memastikan kemenangan 5-0 Barcelona dan lolos kebabak selanjutnya.

Terasa langka bagi publik yang memadati stadion Camp Nou karena penampilan Messi belum 60 menit tampil tapi Ernesto Valverde,pelatih Barcelona memilih menggantinya dimenit ke-59 dengan pemain muda nan mahal, Ousmane Dembele.Sang pelatih sendiri mengkonfirmasikan seusai laga bahwa pergantiannya murni karena alasan taktik dan strategi permainan dimana timnya sudah ungguk atas Celta Vigo (mungkin sang pelatih ingin sang bintang tetap fit walau harus mengorbankan menit bermainnya).

Lalu kapan terakhir Lionel Messi digantikan pemain lainnya saat laga sedang berlangsung?Ternyata sudah satu dekade lamanya alias 10 tahun sang bintang tidak pernah diganti dibawah 60 menit waktu bermainnya yakni saat Barcelona berhadapan dengan Levante di Ciutat de Valencia pada 29 September 2007 silam. Pelatih Barcelona kala itu, Frank Rinkaard mengganti Messi ditengah laga.Jika melihat catatan diatas berarti butuh 302 laga bagi Messi untuk diganti pemain lainnya dengan waktu bermain dibawah sejam.

Penampilan Lionel Messi memang tidak hanya dinantikan public Camp Nou baik di La Liga maupun Liga Champions serta Copa del Rey musim tetapi juga oleh Timnas Argentina yang menantikan 'sentuhan magisnya'agar mampu membawa Negara nya menjuarai Piala Dunia setelah diedisi 2014 Brazil hanya mampu menjadi runner up.Messi perlu fit hingga akhir musim dan Valverde kemungkinan akan tetap melakukan pergantian tersebut demi memastikan sang bintang selalu fit saat bermain.

Fitnya Lionel Messi musim ini berdampak besar terhadap penampilan Barcelona baik di La Liga maupun Liga Champions musim ini.Messi mampu memimpin rekan-rekannya untuk mendominasi La Liga musim ini dengan unggul 9 poin dari Atletico Madris serta 16 poin dari juara bertahan, Real Madrid. Selain itu, Messi pun kokoh dipuncak daftar topskor dengan 16 gol unggul 5 gol dari Suarez dan Iago Aspas (Celta Vigo).