Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... pekerja swasta yang suka nulis

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Menyusul Messi? Pensiun dari Timnas Argentina

27 Juni 2016   22:58 Diperbarui: 27 Juni 2016   23:02 313 10 4 Mohon Tunggu...

(Punggawa Argentina paska kalah dari CHile / sumber : Dailymail)

‘Bom Waktu’ sepertinya sedang menerpa Timnas Argentina paska kegagalan menjadi jawara di Copa America Centenario 2016 serta keputusan mundur Lionel Messi dari Timnas setelah 11 tahun lebih mengabdi.  Selain ancaman sanksi FIFA terkait kisruh dipersepakbolaan Argentina, masalah lainnya adalah kemungkinan langkah Messi diikuti oleh pemain Argentina lainnya yakni mundur dari Timnas Argentina.

Padahal setelah tampil di Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat, Argentina harus fokus dikualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin. Apalagi posisi Argentina belumlah aman betul karena masih tertahan diperingkat ketiga dan tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen Uruguay dan Ekuador dari enam laga yang telah dilakoni.   

"Ada beberapa pemain yang mulai berpikir untuk tidak melanjutkan karier bersama tim nasional. Ini adalah saat terburuk saya mengenakan seragam ini, lebih buruk dari final Piala Dunia di Brasil dan Copa America lainnya," ujar Sergio Aguero, tandem Lionel Messi dilini depan Argentina. 

"Kami benar-benar kacau, kami mencoba memikirkan hal lain dan melupakannya. Sayang, orang yang paling hancur adalah Leo [Messi] atas kekalahan ini. " lanjutnya.

“Ini pemandangan terburuk di kamar ganti yang pernah saya lihat. Ini lebih buruk dari final (Piala Dunia 2014) di Brasil, dan final Copa America (2015). Ada beberapa pemain yang memikirkan untuk tidak melanjutkan karirnya bersama timnas,” pungkas ujung tombak Manchester City (Man City) itu, dilansir as dan terlihat ragu akan masa depannya di Timnas.

Lalu siapa yang benar-benar akan menyusul Messi pensiun dari Timnas Argentina ? Javier Mascherano, Sergio Aguero hingga Angel di Maria bisa jadi nama-nama yang akan menyusul Messi pensiun dini dari Timnas Argentina. Khusus Javier MAscherano dengan usianya yang kini sudah 32 tahun bisa jadi kini saatnya untuk mundur dan memberikan kesempatan kepada pemain muda macam Ever Banega hingga Luca Biglia untuk meneruskan perjuangannya.

Pastinya sebuah kehilangan besar bagi Gerardo Martino bila pengunduran Messi diikuti punggawa ‘Albiceleste’ lainnya karena jadwal Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia zona CONMEBOL juga lumayan padat hingga akhir tahun ini.
             - 1 September  : vs Uruguay di Estadio Malvinas Argentinas, Mendoza
             - 7 September  : vs Venezuela di Merida (Away)
             - 6 Oktober      : vs Peru (Away)
             - 11 Oktober    : vs Paraguay (Home)
             - 10 November            : vs Brazil (Away)
             - 15 November            : vs Kolombia (Home).

Dan jika ‘nom waktu’ tersebut benar-benar terjadi, saat Gerardo Martino membangun kembali new generation of Argentina yang diisi para pemain muda macam Dybala hingga Mauro Icardi sebagai cikal bakal Timnas Argentina masa depan.

#RespectPunggawaArgentina

Salam Sepakbola,
Wefi

VIDEO PILIHAN