Mohon tunggu...
weddinq.com
weddinq.com Mohon Tunggu...

Weddinq.com adalah Online Platform bagi calon pengantin untuk mempermudah mencari dan membeli produk dan jasa pernikahan dari vendor yang terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Apa Sih Bridal Shower Itu?

21 Oktober 2015   09:46 Diperbarui: 21 Oktober 2015   10:13 3323 0 0 Mohon Tunggu...

  1.  

    Untuk pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, biasanya mempelai wanita akan mengadakan bridal shower. Nah, buat Kamu yang baru mendengar istilah ini, apa sih bridal shower itu?

    Bridal shower adalah pesta pemberian hadiah yang diselenggarakan untuk calon pengantin dalam mengantisipasi pernikahannya (biasanya merupakan barang/ keuangan untuk masa setelah menikah). Kebiasaan berasal dari tahun 1890-an dan saat ini yang paling umum di Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru. 

    Legenda dari asal usul Bridal Shower Dahulu, Bridal Shower dikenal sebagai sebuah alternatif mas kawin. Ceritanya bermula dari seorang pria yang tampan dan baik hati. Pria ini melayani dan memberi untuk orang orang yang miskin dan sakit. Seluruh penduduk desa mengenalnya sebagai seorang pembela umat manusia. Pria ini jatuh cinta dan melamar seorang gadis di desa tersebut. Tetapi karena pria ini baik hati dan bekerja keras untuk kemanusiaan, Dia kehilangan mas kawinnya dan tidak ada cara untuk menggantikan. Bahkan, Dia tidak bisa menyisakan sedikit untuk kebahagiaan dan keberuntungannya sendiri.

  2. Karena pria ini cukup miskin, maka kakak perempuan tertua dari keluarga wanita ini menolak memberikan mas kawin dan tidak mengizinkan mereka menikah. Tangisan wanita ini terdengar ke seluruh penduduk desa dan karena penduduk desa menginginkan mereka bisa menikah dan hidup bahagia, maka orang orang tua dan muda menyumbangkan sebagian harta benda mereka untuk diberikan kepada keluarga wanita sebagai ganti mas kawin. Hadiah hadiah tersebut berdatangan terus menerus dan melimpah ruah. Jika dikalkulasikan keuntungannya, maka hadiah hadiah tersebut bisa ditukarkan dan dibelikan dengan rumah yang besar. Karena kejadian inilah yang memenangkan hati seluruh keluarga pihak wanita.

  3. Pada akhirnya, mereka menjadi sepasang pengantin dan hidup bahagia selamanya. Bridal Shower saat ini bukan sebagai alternatif mas kawin bagi wanita tetapi menyangkut aspek sosial lainnya selain ekonomi. Seringkali yang diundang adalah orang orang terdekat seperti saudara dan teman. Acara tersebut saat ini lebih meriah dibandingkan sebelumnya. Hanya saja perbedaannya, tamu yang diundang tidak terlalu ramai. Peristiwa ini bisa dimengerti untuk memberi ruang yang lebih leluasa kepada pengantin wanita.

  4. Lain halnya dengan wedding, acara ini diurus dan diwakili oleh saudara pengantin wanita entah itu kakak ataupun adik, kadang kadang teman dekat pengantin pun ikut ambil bagian di dalamnya. Sebagaimana pengantin wanita adalah tuan rumahnya, maka perencanaan acara bisa juga dari pengantin sendiri. Sebagai kepala acara, tidak sedikit juga orang yang menemukan kesulitan untuk membuat dan merencanakan acaranya sendiri


    Biasanya acara ini hanya dihadiri oleh kaum perempuan, tetapi seiring berkembangnya zaman, para pria pun hadir di acara bridal shower ini. Seru ya!

    Sumber: ggpartystore

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x