Mohon tunggu...
Wayunita Siregar
Wayunita Siregar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Terstruktur, adalah hal yang selama ini dilatih dalam diri saya mulai dari skeolah dasar bahkan sampai saat saya bekerja sekarang. Selama menempuh pendidikan di Universitas dengan jurusan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan melayani menjadi guru sejarah, saya semakin memahami bahwa dalam pelayanan dan pekerjaan saya membutuhkan semua hal dapat dilaksanakan dengan terstruktur. misalnya dalam memnuat metode pemeblajaran, bahan ahar, aktivitas kelas bahkan bagian administrasi selama pembelajaran. selanjutnya, saya sangat suka dengan hal unik dan menyenangkan misalnya tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi oleh orang lain(wisata alam ) atau makanan yang enak yang jarang orang pikirkan(misalnya kan mas yang dioleh dnegan asam dan rempah yakni makanan khas Batak Naniura) atau hal lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apakah Kebutuhan Siswa dan Perubahan Masa Menentukan Perubahan Kurikulum?

27 September 2022   12:52 Diperbarui: 27 September 2022   13:24 141 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perubahan senantiasa membutuhkan usaha yang sebanding, tidak dapat dipungkiri bahwa di dalam kehidupan manusia senantiasa akan banyak terjadi perubahan bahkan setiap waktu dan tempat perubahan bisa terjadi. Uniknya adalah bahwa perubahan yang tidak terkontrol itu belum tentu selalu menghasilkan perubahan kearah lebih baik, ada juga perubahan yang mengarah ke hal yang kurang baik.

Akan tetapi siapakah yang membuat perubahan tersebut serta di bidang apakah perubahan tersebut bisa terjadi?

Perubahan bisa terjadi dalam bidang apapun, selain itu siapapun bisa melakukan perubahan. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan.

" Kurikulum" adalah "produk" baru yang sedang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Setelah melewati masa pandemi yang cukup sulit, sekolah mengalami perubahan besar, dimana sekolah berusaha beradaptasi dengan konsep online learning, demikian juga dengan siswa.

Perubahan yang cepat itu ternyata dapat melatih siswa dan segala elemen dalam pendidikan atau sekolah dapat berkembang cepat menggunakan teknologi, dalam pembelajaran. Mendukung konsep pembelajaran tersebut, banyak sekali juga aplikasi ataupun media pembelajaran yang mendukung kondisi ini.

Akan tetapi untuk siapakah kurikulum itu diperbaharui? Apakah untuk negara, sekolah atau untuk siswa?

Kurikulum bersifat dinamis dan menyesuaikan pada perubahan, tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan senantiasa mengalami perubahan sehingga dibutuhkan penyesuaian tertentu untuk perubahan tersebut.

Kurikulum merupakan kerangka yang akan mengarahkan pendidikan, ibarat rel kereta api, misalnya rel ini dirancang dan dibangun untuk jalur transportasi dari kota "A" ke kota "B"  maka kereta api sebagai sekolah akan membawa siswa yakni penumpang ke arah dan tujuan yang tepat.

Tujuan perjalanan ini haruslah disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, sehingga kurikulum dibentuk sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebagai contoh mungkin dahulunya cita-cita siswa dominannya adalah guru, dokter, polisi dll. Akan tetapi pada masa sekarang ini, cita-cita siswa sudah sangat beragam seperti content creator, youtuber, UI/UX Designer,  bahkan banyak jenis pekerjaan lainnya yang muncul di era baru belakanggan ini. Oleh sebab itu, untuk mendukung kebutuhan siswa tersebut, dirancanglah pendidikan yang mumpuni yang tentunya akan dapat memperlengapi siswa dalam mencapai tujuan mereka dimasa depan bahkan kurikulum ini dibentuk agar siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka kedepannya dengan baik. Dengan demikian, terlihatlah bahwa bahwa kurikulum akan disesuaikan dengan perubahan, dimana bergantinya kebutuhan siswa terutama sebabagai sarana yang akan membantu mereka mengembangkan potensi diri dan mencapai cita-cita 

Dengan demikian, terjawab sudah bahwa kebutuhan siswa dan perubahan zaman akan menentukan perubahan kurikulum akan tetapi kearah mana perubahan tersebut, berada ditangan semua pihak seperti Pemerintah, sekolah, guru, Siswa, Orangtua bahkan masyarakat.

Daftar Pustaka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan