Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia baik yang menyangkut politik, ekonomi maupun kehidupan sosial budaya. Perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya serta pembinaan manajemen sekolah.
Luasnya wilayah Indonesia dan sangat bervariasinya kondisi daerah dan potensi-potensi yang dimiliki tiap daerah telah mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan potensi daerah dan kendalanya dalam perencanaan dan pelaksanaan. Standarisasi dan penyeragaman yang terpusat terkadang dirasakan menghambat pelaksanaan di daerah karena cenderung akan berakibat pada ketidaksesuaian antara rencana pusat dan kebutuhan daerah masing-masing.
Sekolah perlu diberikan kepercayaan dan wewenang serta kesempatan untuk mengelola sendiri sesuai dengan kondisi-kondisi obyektif di daerahnya yang sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai pendidikan nasional dan desentralisasi. Untuk memenuhi kebutuhan ini pemerintah perlu untuk menerapkan dan mengembangkan model pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah masing-masing dan melibatkan peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan.
Dalam kurikulum 2013 ini di jenjang SMP ada mata pelajaran prakarya, mata pelajaran prakarya adalah mata pelajaran yang membekali siswa dengan kemampuan untuk menghasilkan suatu karya pendahuluan atau purwarupa ( prototype). Supaya dihasilkan purwarupa yang baik, maka harus diajarkan pengembangan ide serta pengetahuan tentang bahan, proses, dan peralatan, sehingga siswa dapat memahami alasan-alasan penggunaan bahan, proses,atau peralatan tertentu. Pada akhirnya pengerjaan sebuah prakarya haruslah dibarengi dengan sikap yang sesuai sehingga hasil yang diperoleh menjadi optimal yaitu memberi sumbangan mengembangkan kreativitas sebagai sumber dari ‘industrikreatif’ yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan ‘karakter bangsa. Dengan adanya mata pelajaran prakarya ini diharapkan keunggulan lokal tiap daerah mampu dikembangkan secara optimal sehingga menjadi keunggulan lokal yang menjadi ciri khas suatu daerah dan akan berdampak terhadap pengembangan perekonomian dan kesejahteraan di daerah tersebut.
Guru bisa menjadikan lingkungan dan keluarga sebagai sumber belajar dengan melibatkan keluarga dan masyarakat yang sudah mampu mengembangkan potensi keunggulan lokal di daerah tersebut. Sehingga pelajaran prakarya ini sebagai pendidikan formal namun mengharapkan tujuan akhir mempunyai keterampilan ekonomis yang menghasilkan kualitas manusia yang mempunyai wawasan penciptaan berbasis pasar dan kearifan lokal yang tidak bertentangan dengan karakter bangsa. Selamat bekerja, belajar, dan majulah pendidikan Indonesia. Semoga