Mohon tunggu...
Wawan Maulana
Wawan Maulana Mohon Tunggu... Cheerful person

Teknologi adalah salah satu kunci masa depan jika digunakan dengan baik.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Apakah Ada Manfaat Berpuasa dalam Ilmu Pengetahuan?

17 April 2021   08:58 Diperbarui: 17 April 2021   09:05 594 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Ada Manfaat Berpuasa dalam Ilmu Pengetahuan?
Olahan pribadi

Tentu umat muslim tau tujuan mereka berpuasa, Puasa adalah adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Berpuasa (shaum) merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Shaum secara bahasa artinya menahan atau mencegah, dengan kata lain tentu kita berpuasa dengan tujuan ibadah kan.

Tapi apakah ada manfaat puasa di dalam ilmu pengetahuan?

Nah ini beberapa manfaat-manfaat puasa di dalam ilmu pengetahuan :

  1. Memperbaiki Fungsi Otak

Walaupun banyakan penelitian saat ini masih terbatas untuk hewan, tapi puasa membuktikan bisa berdampak besar buat kesehatan otak. Salah satu penelitian menunjukan bahwa puasa seharian selama 11 bulan meningkatkan fungsi dan struktur otak tikus.

  1. Berfungsi sebagai Anti Aging dan memperpanjang umur

Studi pada hewan menunjukkan pola puasa berselang dapat memperlambat laju penuaan dan memperpanjang harapan hidup tikus hingga 83%. Studi pada hewan lain juga menunjukkan bahwa puasa secara efektif dapat meningkatkan harapan umur panjang dan tingkat kelangsungan hidup.

  1. Menurunkan berat badan

Ya tentu saja puasa dapat menurunkan berat badan pasti kalian tahu akan hal ini, secara tidak langsung puasa juga dapat dijadikan sebagai metode diet bahkan bukan hanya untuk kaum muslim saja.

  1. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Human growth hormone (HGH) merupakan jenis hormon protein yang penting dalam berbagai aspek kesehatan tubuh. Hormon ini terlibat dalam proses pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x