Mohon tunggu...
Warsito Ska
Warsito Ska Mohon Tunggu... Blogger yang suka berbagi informasi

Menjadikan kompasiana sebagai sarana untuk belajar menulis. Blog : maswarsito.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dampak Sosial Wabah Covid-19 dan Cara agar Terhindar dari Wabah

4 April 2020   17:47 Diperbarui: 4 April 2020   18:04 856 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Sosial Wabah Covid-19 dan Cara agar Terhindar dari Wabah
beritajateng.net

Berikut adalah rangkuman Kuliah WhatsApp Solopeduli dengan Tema "Dampak Sosial Wabah Covid-19" yang disampaikan oleh Sidik Anshori, S.Sos (Direktur Utama Solopeduli) pada Sabtu(04/04/2020). Saya tuliskan disini semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian

Hingga hari ini, Sabtu (4/4/2020) Indonesia yang positif covid-19 mencapai 2092, meninggal 191, sembuh 150. Menurut data real time yang dikumpulkan oleh John Hopkins University per Sabtu (4/4/2020) pagi, tercatat 1.094.068 orang dinyatakan positif Covid-19 di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, 58.773 orang meninggal dunia, dan 225.519 pasien telah dinyatakan sembuh. Doni Monardo selaku ketua Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid-19 Nasional menyampaikan puncak covid-19 akan terjadi di bulan Juli dengan angka 106 ribu.

Saat ini tidak jarang, tiba-tiba tetangga mengeluh tidak punya pekerjaaan karena tidak bisa setoran barang, karena banyak tempat wisata tutup. Tiba-tiba ada tetangga yang selama ini berjualan di sekolah bilang nol pemasukan karena tidak bisa berjualan akibat sekolah diliburkan. 

Terlebih adalah tiba-tiba banyak tetangga yang menjadi pengangguran gegara secara sepihak di berhentikan oleh perusahaannya karena tidak mampu memberikan gaji akibat semua jalur industrinya baik pemasok bahan maupun jalur penjualan di berhentikan. Sehingga ada dua hal yang menjadi dampak pandemic corona ini

1. Dampak Negatif

* Jatuhnya korban
* Psikologis
* Turunnya Produktifitas
* Krisis

2. Dampak positif

* Peningkatan omset
* Harmonisasi keluarga
* Religious meningkat
* Pola Hidup sehat

Salah satu dampak negatif adalah krisis. Krisis inilah yang justru sudah di rasakan oleh kita namun tidak di sadari oleh kita. Dalam sebuah pidatonya, Menteri Keuangan menyebutkan di tahun ini prediksi peningkatan ekonomi di angka 2,3% dan bahkan sampai -0,4%. Artinya di sini nanti kita akan mengalami masa-masa sulit. Dari krisis ini nanti tentu akan terjadi resesi besar-besaran

Covid-19 telah menghantarkan kita ke gerbang resesi. Dari resesi besar-besaran, akan memunculkan pengangguran yang sangat besar pula. Dan ini potensi masalah sosial berikutnya yaitu akan bermunculan kemiskinan dimana-mana.

Jika ini tidak segera ditangani oleh pemerintah, maka potensi masalah berikutnya akan muncul, yaitu kejahatan akan terjadi di berbagai penjuru seperti penjarahan, perampokan, pembunuhan, dst. Sehingga di sini kita perlu solusi untuk mewaspadai jika pandemic ini bisa berlangsung 3 atau 4 bulan bahkan ada yang menyampaikan paling cepat 6 bulan.

Dalam sudut pandang muslim, ada banyak cara agar kita bisa terhindar dari wabah, diantaranya :

1. Bersedekah
Sedekah akan menjadi penolak balak seperti yang di sampaikan dalam hadis riwayat tabrani berikut: "Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)." (Riwayat Imam Thabrani) 

Jadi bersedekahlah dengan apapaun yang dimiliki, tidak harus berwujud uang, bisa jadi dengan mengkampanyekan corona untuk selalu waspada juga bagian bersedekah

2. Zakat
Dengan pengelolaan zakat mal yang professional. Mulai dari sumber zakat yang tentu di dapat dari aghniya' atau orang yang sudah nishab dan di kelola dengan sesuai syariat yaitu 8 asnaf. Maka masalah ini sosial bisa terselesaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN