Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi : SD N 02 Botok
Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar
Penulis : Warsiti, S.Pd
Tanggal : 27 September 2022
1. Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan yang ingin dicapai pada aksi ini adalah meningkatkan kemampuan membaca peserta didik
Dan tujuan pembelajarannya sebagai berikut:
- Peserta didik dapat mengenali bentuk dan bunyi abjad 'a' sampai 'z' melalui mengamati media cerita gambar seri dengan tepat (C4)
- Peserta didik dapat melafalkan bentuk dan bunyi abjad 'a' sampai 'z' melalui mengamati media cerita gambar seri dengan tepat (C4)
- Peserta didik dapat menyusun huruf menjadi kata yang bermakna melalui kegiatan mengerjakan LKPD secara mandiri (A4)
- Peserta didik dapat menggabungkan huruf menjadi suku kata melalui membaca dengan metode SAS, Â dengan tepat (P4)
2. Situasi
Peserta didik kelas 1 terdiri dari berbagai kemampuan anak yang berbeda-beda dan memiliki kemampuan membaca yang masih rendah. Setelah dilakukan analis terhadap hasil kajian literatur dan hasil wawancara serta dikonfirmasi melalui observasi dapat diketahui bahwa penyebab masalah kemampuan membaca peserta didik masih kurang adalah:
- Faktor peserta didik seperti kecerdasan lamban, minat belajar membaca kurang
- Faktor pendidik, antara lain dalam penggunaan metode dan media pembelajaran kurang inovatif
- Faktor orang tua, kurang memperhatikan belajar anaknya