Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bersedekah dan Berzakat Semudah Belanja Online

6 Mei 2021   15:05 Diperbarui: 6 Mei 2021   15:16 521 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersedekah dan Berzakat Semudah Belanja Online
Zakat fitrah melalui Tokopedia Salam di aplikasi Tokopedia | dok. pribadi

Ada banyak cara untuk berbagi dan meringankan kesulitan orang lain. Antara lain dengan bersedekah, berdonasi, dan membayar zakat. Di era digital sekarang hal itu semakin mudah dilakukan. Semudah menggunakan aplikasi belanja online.

Berbelanja secara online memang membuat hidup lebih mudah dan praktis. Hanya dengan beberapa kali menyentuhkan jari di atas layar smartphone, kebutuhan bisa kita dapatkan dan dihantar langsung ke alamat sesuai keinginan.

Kemudahan itu semakin hari semakin bertambah. Terutama semenjak tren dompet digital berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Pembayaran transaksi secara online pun tak lagi harus lewat internet banking, mobile banking, dan transfer ATM.

Ditambah lagi fasilitas yang diberikan oleh penyedia layanan belanja online, seperti gratis ongkir, diskon, dan pembayaran 24 jam. Sederet kemudahan itu membuat aktivitas belanja online semakin melebur ke dalam gaya hidup banyak orang.

Namun, banyak yang masih terpaku pada fungsi aplikasi belanja online hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau membayar tagihan saja. Berbagai fitur yang tak kalah bermanfaat di dalam aplikasi sering terabaikan. Banyak pula orang yang tidak tahu jika aplikasi belanja online yang sering digunakannya bisa menjadi saluran kebaikan untuk bersedekah, berdonasi, serta membayar zakat.

Membayar zakat semudah belanja online | dok. pribadi.
Membayar zakat semudah belanja online | dok. pribadi.
Di aplikasi Tokopedia, misalnya. Ada fitur "Tokopedia Salam" yang jika diklik akan mengantarkan kita pada banyak pilihan menu. Mulai dari jadwal salat, baca Al Quran, sampai donasi.

Sudah pasti menu-menu tersebut sangat membantu kita saat ingin berbagi dengan sesama. Jika ingin bersedekah kita bisa mengakses menu donasi selama 24 jam.

Caranya sangat sederhana. Tidak perlu bingung karena bisa dilakukan sepenuhnya lewat aplikasi. Ketika mengklik menu donasi, kita akan dihantarkan menuju halaman yang menampilkan pilihan lembaga-lembaga penyalur donasi. Setelah memilih salah satu di antaranya, tinggal menentukan nominal donasi atau sedekah.

Berikutnya klik tombol donasi. Kita akan diminta untuk melakukan verifikasi sesuai sistem verifikasi yang kita gunakan di aplikasi. Bisa lewat PIN atau kode OTP.

Jika verifikasi berhasil, donasi atau sedekah akan langsung diproses dan dalam hitungan detik semuanya selesai. Kita akan mendapatkan email berisi pemberitahuan bahwa pembayaran sedekah atau donasi telah berhasil dilakukan.

Niat zakat fitrah di aplikasi belanja online | dok. pribadi.
Niat zakat fitrah di aplikasi belanja online | dok. pribadi.
Selain donasi dan sedekah, zakat fitrah dan zakat maal juga bisa ditunaikan dengan sama mudahnya lewat Tokopedia Salam. Dimulai dengan mengklik menu Zakat Fitrah, kita akan diminta untuk mengisi jumlah wajib zakat yang ingin dibayarkan kewajibannya. Jangan lupa untuk memasukkan nama wajib zakat. Besaran zakat fitrah yang perlu dibayarkan akan tertera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x