Mohon tunggu...
Wardatul jannah
Wardatul jannah Mohon Tunggu... Mahasiswi unusa

Mari berkarya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahasa Indonesia dari Melayu

30 Oktober 2020   17:54 Diperbarui: 30 Oktober 2020   17:59 25 1 0 Mohon Tunggu...

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.penamaan bahasa Indonesia di awali sejak di canangkannya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928,namun Indonesia baru di akui pada tanggal 18 Agustus 1945.

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu,bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu sebagai bahasa penghubung,tidak hanya di Nusantara tetapi tersebar ke Asia.

Bahasa Melayu tersebar di kawasan Asia,hal ini di karenakan ditemukan nya prasasti di kedudukan bukit berangka tahun 683 M di Palembang,talang tuwo di Palembang pada tahun 684,kota kapur berangka pada tahun 686 di Bangka barat dan karang brahi tahun 688 di Jambi.
Prasasti tersebut tertulis kan pranagari berbahasa Melayu Kuna.

Bahasa Melayu juga di sebut peran penghubung antar Nusantara dan di gunakan sebagai bahasa perdagangan,baik antar suku maupun pedagang dari luar Nusantara.

Bahasa Melayu tersebar bersamaan dengan tersebarnya agama Islam ke Nusantara,karena bahasa Melayu mudah diterima oleh masyarakat khususnya masyarakat Nusantara di karenakan bahasa Melayu tidak mengenal tingkat tutur.
Perkembangan bahasa Melayu ke Nusantara mempengaruhi mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan peraturan Indonesia.

Sehingga pada tanggal 17 Agustus 1945 mengukuhkan keadaan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional,bahasa Indonesia pun di pakai oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia,baik di tingkat pusat Ataupun daerah,sehingga masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam catatan sejarah tercatat sudah sebelas kali Indonesia menjalankan kongres bahasa Indonesia yang merupakan agenda Rutin lima tahunan setelah kongres ketiga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x