Mohon tunggu...
Wa pinasugande
Wa pinasugande Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Mencegah lebih baik dari pada mengobati

Nama :wa pina sugande Alamat: gunung jati, kelurahan jati mekar Status : Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kebaikan adalah Sedekah untuk Orang yang Membutuhkan

23 Februari 2020   15:47 Diperbarui: 23 Februari 2020   15:54 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bismillah
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Afwan, disini saya bercerita tentang kebaikan yang saya rencanakan kedepanya dimana pada hari Selasa,18 Februari saya bercerita tentang rencana saya kedepannya bagaimana? Nah,, di sini saya ingin sekali membahagiakan kedua orang tua saya. Saya bersaudara 5 orang dan hanya saya yang melanjutkan  kuliah. Dan orang tua saya ,harapanya hanya sama saya dan adik saya yang bungsu. 

Aku selalu berdoa dan selalu berdoa semoga saya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Insyaallah selagi saya punya rezeki saya ingin sekali umrohkan orang tua saya. Tapi saya tidak berani bilang sama orang tuaku bahwa cita2 saya ingin mengumrohkan  mereka . takutnya nanti saya mengecewakan mereka. Apalagi sosial ekonomi sekarang ya allah, susahnya minta ampun sekali. Apalagi sekarang ini saya masih kuliah. Jujur semenjak saya kuliah saya jarang minta uang sama mereka . saya tidak enak mintanya . alhamdulillah dengan beasiswa saya bisa manajemen keuanganku selama 1 semester.

Pada hari Rabu, 19 Februari 2020 saya mempunyai harapan kedepannya "Jodoh yang baik agama". Dimana sesuai harapan orang tua saya bahwa mereka itu semua anaknya mempunyai jodoh yang baik baik , yang paham sunnah, dan tentunya bisa membahagiakan hingga dunia akhirat.

Pada hari Kamis, 20 Februari saya mempunyai harapan tentang "Target Kuliah" dimana saya mentargetkan kuliah saya insyaallah 3, (tahun ). Dimana saya mentargetkan sampe di situ karna saya memikirkan:
1. Pengen cepat balas budi sama orang tua dan
2. Uang biaya kuliah saya, karena saya hanya mengharapkan beasiswa saya dan beasiswa jangkanya selama 4 tahun.

Pada hari Jumad, 21 Februari 2020. Alhamdulillah saya menolong orang orang yang lagi kecapean, kita sudah ketahui kan bahwa orang yang lagi kecapean itu pasti malas memasak kan? Iya benar..... Apalagi dari kampus pasti kan capek? Nah,,, di sini kita bisa menolongnya kan? Iya betul. Walaupun sederhana yang penting kan ikhlas .

Pada hari sabtu, 22 Februari alhamdulillah saya menolong orang dengan cara mengambil cucian ya di jemuran, dan orang yang punya lagi tertidur. Nah,,, pas s pergi d kamarnya lagi tertidur pulas. Saya kan tidak enak juga kasih bangunya. Jadi saya berkenan untuk mengambilnya gaess. Sesuai Dalam hadits Rasulullah SAW ia berpesan "Perbaikilah hubungan baik dengan orang yang bertetangga denganmu, niscaya engkau akan menjadi Muslim yang baik," (HR Ibnu Majah).

Pada hari Minggu, 23 Februari yang dapat saya lakukan itu "menolong Saudara yang lagi sakit" dimana saya menjaga anaknya yang umur 8 bulan. Mulai dari sakasih makan bayinya, mandi, kasih pakayan sampe kasih tidurpun. Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'Alaihi wa sallam: "Orang yang paling dicintai oleh Alloh 'Azza wa jalla adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain. Amalan yang paling dicintai oleh Alloh adalah kesenangan yang diberikan kepada sesama muslim, menghilangkan kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. 

Sungguh, aku berjalan bersama salah seorang saudaraku untuk menunaikan keperluannya lebih aku sukai daripada beri'tikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) sebulan lamanya. Barangsiapa berjalan bersama salah seorang saudaranya dalam rangka memenuhi kebutuhannya sampai selesai, maka Alloh akan meneguhkan tapak kakinya pada hari ketika semua tapak kaki tergelincir. Sesungguhnya akhlak yang buruk akan merusak amal sebagaimana cuka yang merusak madu." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid-Dunya dengan sanad hasan)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun