Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam system pendidikan,sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis tingkat pendidikan .Dengan memahami kurikulum tenaga pendidik dapat memilih dan menentukan metode,teknik dan media pengajaran serta alat evaluasi pengajaran yang sesuai dan tepat.
      Di Indonesia istilah kurikulum  menjadi populer sejak tahun  1950-an  yang di perkenalkan oleh sejumlah kalangan  pendidik lulusan Amerika Serikat.Hakikatnya kurikulum sama dengan rencana pembelajaran  dan yang membedakan hanyalah cara pandangnya.
Melihat urgensinya  kurikulum dalam kelangsungan pelaksanaan pendidikan serta dalam menjamin peningkatan kualitas pendidikan suatu bangsa ,maka perubahan dalam kurikulum bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan serta kematangan akan esensi yang di harapkan dari kurikulum baru tersebut.
      Kurikulum pendidikan di Indonesia sebagaimana  kita ketahui dari periode ke periode  selalu berubah.Ini di sebabkan karena ketidakkonsistenan dalam penamaan jenjang sekolah, seperti dari SMA menjadi SMU,kemudian sekolah-sekolah kejuruan  yang tadinya STM dan SMEA sekarang di ubah menjadi SMK.
      Begitu juga dengan guru,seorang guru profesional tentunya akan menghasilkan mutu yang bagus,seiring dengan adanya standar sertifikasi guru yang tentunya tetap di dukung oleh kurikulum yang berkualitas.
Kini saatnya para pemuda di Indonesia yang akan menjadi tenaga pengajar untuk mulai merancang kurikulum pendidikan yang cocok dan sesuai dengan karakter anak bangsa guna mencapai ilmu pengetahuan yang bermutu tinggi.Sebaiknya di ciptakan standar bakunya yang dapat di aplikasikan dari waktu kewaktu dan harus tetap mengikuti perkembangan zaman. Â Â Â Â