Ringkasan Dari 4 Video Mata Kuliah Metodologi Penelitian Yang Membahas Materi Tentang Penelitian Dan Penulisan Ilmiah:
Â
A. PENGANTAR PENELITIAN
1. Definisi Penelitian
Dari 4 video yang telah di berikan yang membahasa tentang materi penelitian dan penulisan ilmiah, maka dapat saya simpulkan bahwa Penelitian Adalah Sesuatu yang dilakukan karena ada masalah penelitian, dimana masalah penelitian sendiri muncul karena adanya latar belakang masalah, yang terlahir dari masalah kehidupan yang harus di teliti.
2. Klasifikasi penelitian
selanjutnya adalah klasifikasi penelitian Klasifikasi penelitian terdiri dari Pendekatan, Pendekata sendiri terbagi menjadi dua  yaitu Pendekatan Kualitatif Pendekatan Kuantitatif ,  Selanjutnya itu metode, Dimana metode ini terdiri dari beberapa metode diantaranya yaitu terbagi menjadi empat diantaranya Metode Penelitian Tindakan, Metode Eksperimen, Metode Studi Kasus  dan Metode Survei 2. M. dan yang terakhir adalah  Jenis, Dimana jenis ini terbagi menjadi 3 bagian  yaitu: .Dasar vs Terapan,  dan Deskripsi vs Eksperimen vs Korelasi
3. Gaya Penelitian Komputing
Gaya penelitian di bidang komputer (computing) secara umum terbagi menjadi dua bagian, yaitu : Gaya Computer Science (CS), memiliki karakteristik penelitian dan isu berhubungan dengan core technology dan perbaikan metode (method improvement).
4. Kontibusi dan Orisionalitas
Bentuk kontribusi penelitian adalah Kegiatan penyelidikan dan investigasi terhadap suatu masalah yang dilakukan secara berulang-ulang dan sistematis, dengan tujuan untuk menemukan atau merevisi teori, metode, fakta, dan aplikasi. Sedangkan Orisionalitas terdiri dari dua orisionalitas yaitu sbb: 1.Orisinalitas pada Metode: * Memecahkan masalah yang orang lain sudah pernah mengerjakan sebelumnya, tapi dengan metode yang berbeda * Model penelitian yang kontribusi ada pada method improvement 2. Orisinalitas pada Masalah: * Memecahkan suatu masalah yang orang lain belum pernah mengerjakan sebelumnya * Model penelitian yang kontribusi ada pada penemuan masalah baru sebagai obyek penerapan metode (Dawson, 2009).