Mohon tunggu...
Wandy Setiawan Ilyas
Wandy Setiawan Ilyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga, Sosial dan game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Pencegahan Penyakit HiIV/AIDS pada Remaja di Lingkungan RW08 Kelurahan Gegerkalong

11 Agustus 2022   00:50 Diperbarui: 11 Agustus 2022   01:01 125 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

BANDUNG -  Dewasa ini, kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk dijaga oleh setiap orang. Meskipun demikian, tidak semua orang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri dari ancaman berbagai penyakit, khususnya penyakit HIV/AIDS. 

Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan tubuh melawan infeksi dan penyakit. 

Sedangkan AIDS ( Acquired Immune  Deficiency Syndrome ) merupakan kondisi HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang mengalami AIDS, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi atau penyakit.                

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS. Mahasiswa peserta KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2021/2022 yang bernama Wandy Setiawan Ilyas mengadakan program KKN yang bertajuk Sosialisasi Pencegahan Penyakit HIV/AIDS Pada Remaja Di Lingkungan RW 08 Kelurahan Gegerkalong Kota Bandung pada (31/7/2022). 

Wandy merupakan mahasiswa KKN kelompok 153 dengan  Ibu Triana Lestari, S.Psi., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh oleh Ketua RW 08 Gegerkalong Kota Bandung dan disambut baik oleh ketua Komunitas Remaja-Remaja Aktif RW 08 (KORRA). 

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh sebanyak 11 orang dengan 10 orang diantaranya  berjenis kelamin laki-laki dan 1 orang lainnya berjenis kelamin perempuan. Partisipan merupakan sekumpulan remaja yang tergabung dalam Komunitas Remaja-Remaja Aktif (KORRA) di lingkungan RW 08 Kelurahan Gegerkalong Kota Bandung.  Rangkaian program ini meliputi sosialisasi atau penyuluhan kepada partisipan tentang HIV/AIDS dan bagaimana cara mencegah penularannya. 

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB, selama pelaksanaan peserta menyimak dengan baik sampai dengan kegiatan ini selesai. "Sosialisasi HIV&AIDS sangat bermanfaat bagi generasi muda khusus nya karang taruna karena sangat menambah pengetahuan dan wawasan tentang materi tersebut yang sangat bermanfaat" tutur Faris selaku ketua Komunitas Remaja-Remaja Aktif (KORRA) setelah kegiatan terlaksana.

Foto: Dokumentasi Bersama Remaja Komunitas Remaja-Remaja Aktif (KORRA) RW 08, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung/dokpri
Foto: Dokumentasi Bersama Remaja Komunitas Remaja-Remaja Aktif (KORRA) RW 08, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan