Mohon tunggu...
wanda nuri
wanda nuri Mohon Tunggu... Lainnya - wanda

menulis dengan ikhlas, menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan berkualitas.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Beragam Cara dalam Memaknai Sumpah Pemuda

28 Oktober 2021   16:35 Diperbarui: 28 Oktober 2021   16:36 105 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada  tanggal 28 oktober 1928 yang merupakan hari  dimana peristiwa sumpah pemuda terjadi, sumpah pemuda sendiri menggambarkan perjuangan dari pemuda indonesia untuk meraih dan memperjuangkan  kemerdekaan. hingga saat ini momentum bersejarah tersebut dikenang dan diperingati sebagai hari sumpah pemuda.  adapun isi dari sumpah pemuda yakni :

1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia

2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dari isi sumpah pemuda tersebut mempunyai tujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme dari seluruh pemuda pemudi dan seluruh masyarakat, memperkukuh kesatuan dan persatuan bangsa indonesia dan menghilangkan rasa kedaerahan yang membuat penghalang untuk bersatu.  tujuan tersebut dilatar belakangi karena pada saat itu perjuangan dan pergerakan dari pemuda serta seluruh masyarakat yang masih bersifat kedaerahan, sehingga sulit untuk mencapai suatu tujuannya. maka dari itu dengan bersatu padu dan bergerak serta berjuang bersama dalam mencapai kemerdekaan diperlukan nasionalisme yang menjadi pendorong semangat perjuangan.

Dalam memaknai sumpah pemuda setiap orang pasti mempunyai pandangan yang berbeda, namun perbedaan tersebut tetap mempunyai inti yang sama yaitu nasionalisme. seperti pada saat ini, generasi muda dalam mengekspresikan nasionalismenya terhadap bangsa indonesia melalui beragam kreativitas yang dimiliki. berikut merupakan beberapa cara genenerasi muda dalam mengekspresikan nasionalisme :

1. Mengcover tarian

hal tersebut kerap kali dijumpai, dengan kreativitas dan kebolehannya mereka mengemas beragam tarian tradisional dengan unik.  menggabungkan musik tradisional dengan konsep musik yang modern, menghadirkan warna yang baru dalam tampilan tarian nusantara. tentunya, lebih banyak yang menikmati dan mengapresiasi keberadaan dari suatu tarian itu sendiri.

2. Make up challenge

siapa yang tidak mengetahui make up challenge? tentu sudah banyak khalayak umum yang mengetahui trend membuat video make up challenge ini. dalam keberadaan nya yang booming banyak sekali kalangan milenial yang mengikutinya untuk membuat video make up challenge. seperti yang diketahui dalam beberapa unggahan video trend tersebut berisi kreativitas milenial dalam merias wajah dengan berbagai dandanan khas daerah atau adat nusantara. mulai dari pakaian yang dikenakan mulai dari baju adat, riasan, serta aksesoris pun tak ketinggalan, loh!

3. Opini dan argumen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan