Mohon tunggu...
Wallsman Lamtota Nainggolan
Wallsman Lamtota Nainggolan Mohon Tunggu... Lainnya - Imajinasi

"Seseorang dicintai karena ia dicintai. Tak ada alasan yang dibutuhkan untuk mencintai". - Paulo Coelho, The Alchemist

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Inilah yang Terjadi Saat Saya Berhenti Merokok

2 Januari 2019   10:00 Diperbarui: 2 Januari 2019   10:09 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya sudah merokok gulma secara teratur sejak tahun kedua saya kuliah, yaitu sekitar lima tahun yang lalu. Tidak sampai teman sekamar saya dan saya pindah dari asrama dan ke apartemen kami sendiri, kami secara kolektif bertanya-tanya mengapa kami tidak merokok setiap hari. Maju cepat hingga saat ini, dan saya pada dasarnya menjadi pothead penduduk POPSUGAR, sebuah judul yang tidak terlalu saya sukai.

Sebelum Anda menghakimi saya (bukan saya peduli), Anda harus tahu bahwa pematung modern benar-benar menentang stereotip yang masih dimiliki orang tua kita. Untuk satu, saya seorang wanita milenial yang bekerja penuh waktu dan mencoba untuk pergi ke gym lima kali seminggu. Kata kuncinya di sini adalah "mencoba," tetapi Anda mengerti maksudnya. Saya tidak terpaku secara permanen ke sofa setiap saat makan Ruffles (kecuali itu akhir pekan). Baru-baru ini, saya melepaskan ganja selama seminggu penuh, dan itu mengerikan.

Sekarang, ini bukan kesempatan pertama saya jauh dari simpanan saya. Ketika saya mengunjungi keluarga di rumah atau bepergian, saya bahkan tidak memikirkan tentang gulma. Saya bisa tidur dan berfungsi dengan baik, dan ketiadaannya benar-benar tidak diperhatikan. Dan anehnya, saya kadang-kadang mengalami fase acak ketika saya tidak benar-benar merasa ingin merokok, dan itulah yang terjadi paling akhir.

Sebelum saya menyadarinya, satu minggu telah berlalu tanpa saya mengisap sendi. Namun, selama istirahat kecil saya, saya memiliki tidur terburuk dalam hidup saya dan menderita keadaan stres dan kecemasan yang konstan. Saya belum pernah mengalami apa yang tampak dekat dengan gejala penarikan sebelumnya, dan saya menyadari betapa pentingnya kanabis bagi rutinitas perawatan diri saya.

Saya adalah orang yang sangat dingin secara umum, dan satu hal tentang saya adalah bahwa saya sangat pandai memisahkan kehidupan kerja saya dari kehidupan pribadi saya. Namun, tidak dicatat bahwa gulma adalah yang membantu saya mati ketika saya pulang pada hari-hari yang sangat menegangkan. Alih-alih menikmati segelas anggur setelah hari yang panjang, saya biasanya merokok bersama sambil mendengarkan musik atau menonton acara favorit saya.

Selama minggu itu ketika saya tidak merasa ingin merokok, saya berada di bawah tekanan yang signifikan dan tidak bisa tidak membawa stres itu pulang. Akibatnya, saya tidak bisa bersantai sebelum tidur, dan saya terbangun dengan terbangun setiap pikiran yang membanjiri kepala saya. Pada saat pagi tiba, aku kelelahan dan murung karena kurang tidur, dan siklus itu akan terulang kembali pada hari berikutnya dan berikutnya.

Akhirnya, saya mencapai titik di mana ganja tampak menarik bagi saya lagi, dan terima kasih Tuhan. Saya akhirnya menikmati kualitas tidur dan bangun dengan perasaan jauh lebih segar daripada hari-hari sebelumnya. Dan karena saya memiliki istirahat malam penuh, saya lebih siap untuk mengatasi stres yang tersisa tanpa merasa kewalahan.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya biasanya tidur dengan baik di malam hari saya memilih keluar dari gulma. Apa yang saya pelajari adalah merokok membantu menenangkan pikiran saya pada hari-hari saya membutuhkan es krim dan pelukan. Sebagian besar waktu, saya menggunakan ganja sebagai perangkat tambahan; bukan kruk. Itu memungkinkan saya untuk menjadi lebih penuh perhatian, lebih menghargai, dan hadir. Saya tidak menjadi tinggi untuk melarikan diri dari kenyataan saya, sebaliknya, saya menggunakannya membantu saya rileks dan meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif. Setelah satu isapan, masalah saya tidak tampak seperti masalah lagi. Tetapi tanpa sedikit pengingat bahwa "segalanya selalu bisa lebih buruk," saya mendapati diri saya terjebak dalam angin puyuh "masalah".

Meskipun saya tidak membutuhkan ganja, tetap menghibur mengetahui bahwa selalu ada untuk mengingatkan saya bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun