Mohon tunggu...
Walid Alfauzi
Walid Alfauzi Mohon Tunggu... Penulis Amatir

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Viral

Hal Inilah yang Membuat Masyarakat Indonesia Geram atas Kasus yang Dialami Dewa Kipas

19 April 2021   13:32 Diperbarui: 19 April 2021   14:09 106 3 0 Mohon Tunggu...

Kasus pencatur indonesia yaitu Dewa Kipas atas nama Dadang Subur ini mendadak viral di media sosial indonesia, karena akun dewa kipas tersebut diblokir oleh pihak chess.com setelah mengalahkan streamer catur dunia yakni GothamChess.

Mendengar kejadian ini membuat masyarakat indonesia menjadi memanas, karena adanya ketidak adilan yang telah dilakukan oleh streamer catur dunia tersebut. Pencatur Internasional Indonesia yaitu Irene Kharisma Sukandar juga terkejut mendengar kasus ini dan tidak menyangka bahwa nama dewa kipas sudah besar. Dedy Corbuzer juga mengundang dadang subur dengan anaknya untuk hadir dalam Podcastnya untuk buka suara tentang kasusnya secara detail.

Awalnya, dadang bermain catur di chess.com ini karena iseng dan kemudian lama-lama dia menikmati permainannya sampai-sampai dia begadang bermain catur. Dadang hanya terus memainkan mode ranked karena dia paling suka kalau bertemu lawan yang memiliki simbol GM, FM atau IM. Pada saat itu dadang tidak tahu kalau lawan yang ia lawan adalah streamer pencatur terkenal atau GothamChess dan setelah dadang mengalahkan GothamCess, streamer tersebut langsung melaporkan kepada pihak Chess.com karena dianggap menggunakan cheat (kecurangan).

Keesokan harinya, akun Dewa Kipas tersebut tidak bisa lagi dibuka dan dadang menanyakan hal tersebut kepada anaknya yang bernama Ali. Kemudian ali menghubungi pihak chess.com dan GothamChess melalui Email, tak lama kemudian Gothamchess merespon pesan dari Dewa Kipas tersebut dengan koorperatif.

Pada akhirnya, gothamchess menyetujui kejadian tersebut karena kejadian ini merupakan kesalahpahaman dan menyepakati untuk menghapus kasus-kasus yang telah terjadi. Akan tetapi sampai saat ini akun Dewa Kipas masih belum dibuka.

Dadang merasa bersyukur, karena kejadian ini membuat orang yang tidak tahu apa-apa tentang catur menjadi tertarik untuk memainkanya. GM Irene Kharisma Sukandar dipertemukan untuk melawan Dewa Kipas melalui siaran langsung di Youtube Dedy Corbuzer. Pertandingan tersebut dimenangkan telak 3 : 0 oleh GM Irene Kharisma Sukandar. Dalam pertandingan tersebut GM Irene juga mengakui Dewa Kipas karena dalam pertandingan tersebut Dewa Kipas menurutnya merupakan lawan yang tidak mudah untuk dikalahkan.

VIDEO PILIHAN