Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penyebab Mobil Anda Boros Bensin

26 Februari 2021   11:14 Diperbarui: 1 Maret 2021   09:24 53 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyebab Mobil Anda Boros Bensin
penyebab-mobil-boros-bensin-603c50818ede480cc720f7c6.jpg

Penyebab mobil bensin boros tidak hanya karena masalah mesin saja. Semua orang pasti menginginkan mobil yang hemat bensin, bukan hanya penggunaan bahan bakar yang hemat saja tapi juga menghemat pengeluaran anda. Namun seiring waktu konsumsi BBM justru meningkat.

Penggunaan bensin yang boros menunjukkan bahwa kendaraan anda sedang bermasalah. Sumber dari masalah tersebut tidak mudah ditemukan, karena adanya faktor lain yang menjadi penyebabnya. Biasanya konsumsi bensin mobil menjadi boros karena masalah berikut :

  • Injektor Bahan Bakar

Yang pertama adalah rusaknya injektor bahan bakar, komponen ini berfungsi sebagai penyalur bahan bakar ke dalam ruang bakar dalam bentuk kabut. Jika bagian komponen ini rusak bahan bakar yang tersalur akan berkurang sehingga mobil tidak bekerja secara efisien. Akitbatnya konsumsi bahan bakar pun meningkat dan mobil boros bensin.

Busi yang rusak atau sudah aus akan mempengaruhi pembakaran, karena mobil tidak akan berfungsi dengan benar.

  • Filter Udara

Komponen ini berfungsi memastikan rasio udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin tepat untuk bekerja secara optimal. Filter udara yang tersumbat akibat banyak kotoran atau debu dapat merusak mesin dan meningkatkan penggunaan bahan bakar.

Penggunaan oli yang tidak sesuai sangat berengaruh ada kinerja mesin mobil anda, Oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan pelumasan mesin tidak berjalan dengan optimal. Mesin yang tidak bekerja dengan optimal mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang berlebih.

Sistem pembakaran yang sudah lama tidak tune up akan dipenuhi kerak karbon, kerak karbon ini berasal dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Akibatnya mesin akan bekerja lebih keras, dan mengkonsumsi bensin lebih banyak.

Disaat ban anda tidak mengembang dengan sempurna, traksi pada jalan akan terpengaruhi. Ban yang tidak mengembang dengan benar dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 20ri biasanya. Silahkan anda periksa secara teratur ban anda agar mobil tidak boros bensin.

  • Pemanasan Mobil

Disaaat anda sedang memanaskan mobil saat berhenti, berdampak pada penggunaan bahan bakar mobil anda. Sebaiknya anda mematikan mobil anda saat berhenti atau netral, Untuk menghemat konsumsin bahan bakar dan mencegah pemborosan bensin.

Jika anda masih belum menemukan penyebab mobil anda boros bensin, sebaiknya anda pergi ke bengkel terdekat atau bengkel terpercaya. Lebih baik untuk berhati-hati, dari pada tidak peduli sama sekali.

VIDEO PILIHAN