Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penyebab Suhu Mobil di Atas Rata-rata atau Overheat

23 Februari 2021   14:06 Diperbarui: 23 Februari 2021   14:13 30 1 0 Mohon Tunggu...

Suhu mesin mobil yang naik diatas rata-rata atau overheat dapat membuat pengemudi panik. Biasanya jika mesin overheat, indikator suhu pada dashboard mobil akan menyala dan naik, dari yang biasanya ada di tengah menjadi di atas. Kondisi mobil yang seperti ini banyak penyebabnya. Bukan hanya air radiator yang kurang. bisa jadi karena ada kebocoran, kipas radiator mati, katup thermostat macet dan juga pompa air yang mati dapat menyebabkan mesin overheat atau kepanasan. Berikut beberapa penyebab mesin mobil overheat.

Air Radiator Keruh
Periksa apakah air radiator yang digunakan tidak kotor, jika yang terlihat berwarnah keruh segeralah mengganti air radiator tersebut dengan yang baru

Water Pump
Kondisi dari komponen ini yang sudah tidak layak dapat mempengaruhi mesin overheat. Kerusakan terjadi pada bagian kipas yang sudah mulai karatan dan seal yang sudah jelek atau lama.

Thermostat
Thermostat yang sudah tidak layak biasanya akan selalu bermasalah dan air tidak dapat bersikulasi dengan normal.
segera ganti dengan yang baru bila sudah dinilai tidak layak

Oli Kualitas Buruk
Cairan oli dengan kualitas yang buruk dijual dengan harga murah. Biasanya tidak kuat terhadap suhu panas dan cepat menguap.

Kipas Pendingin
Ada komponen kipas pada radiator yang berfungsi memasukkan udara dingin dari luar. komponen ini dapat mengalami kerusakaan sehingga suhu tinggi terperangkap dan membuat mesin kepanasan. Karena itu kita harus selalu memastikan kipas tersebut bekerja dengan baik. Dan periksa juga kondisi dari fanbelt, masih normal, kendur, atau putus segera diganti dengan yang baru.
Periksa juga bagian listriknya apakah kabelnya sudah dimakan usia yang lama atau istilahnya mudah putus. Pastikan pemasangan tidak terbalik, jika pemasangan terbalik udara panas dari mesin akan tidak terkontrol dan menyebabkan mesin semakin panas

Radiator Yang Rusak
Radiator memiliki fungsi mengelola suhu mesin agar tidak overheat. Sistem pendinginan mobil akan kacau, jika komponen ini bermasalah. Biasanya radiator rusak karena salurannya yang tersumbat karena banyak kotoran. Lalu adanya kebocoran pada selang, kedua hal tersebut mengakibatkan terhambatnya aliran cairan pendingin sehingga mesin jadi panas

itulah penyebab suhu mobil naik diatas rata-rata atau overheat. Overheat dapat dicegah, bila pengendara mobil peka dengan komponen dari sistem pendinginan mesinnya.

VIDEO PILIHAN