Mohon tunggu...
Wahyu Taufiq
Wahyu Taufiq Mohon Tunggu... hidup di dunia pendidikan

saya adalah seorang pengajar yang sedang belajar mengajarkan ilmu ke kalayak yang lebih luas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mewarnai Kegiatan Luar Sekolah dengan Materi Bahasa Inggris

25 Juli 2020   21:57 Diperbarui: 25 Juli 2020   22:50 13 0 0 Mohon Tunggu...

Beberapa waktu lalu, beberapa kami selaku dosen dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan pengabdian di sebuah sekolah di Sidoarjo. Kegiatan tersebut berupa pelatihan kepada para guru untuk bisa mengembangkan materi Bahasa Inggris dalam berbagai kegiatan di luar jam sekolah.

SMP Muhammadiyah 9 boardjing school sebagai mitra yang terlibat adalah sebuah pondok pesantren yang sekaligus sekolah formal Sekolah Menengah Pertama. Selain menerima materi sekolah sesuai kurikulum, siswa juga mendapatkan berbagai materi tambahan yang disebut sebagai kegiatan luar sekolah. Sekolah sudah melakukan kegiatan luar sekolah yang kami dukung dalam bentuk penyusunan materi berBahasa inggris.

Kegiatan diawali dengan observasi, berupa pertemuan dengan manajemen sekolah dan perwakilan guru. Kemudian selanjutnya dilaksanakan sosialisasi untuk menyampaikan rencana kepada pihak manajemen dan guru. Pelatihan dilaksanakan dengan mengikutsertakan seluruh guru dan pendaming pondok. Pelatihan berisi materi bahasa Inggris untuk komunikasi sehari hari dan Public Speaking yang bisa diterapkan dalam berbagai kegiatan luar jam sekolah. Terakhir adalah Pendampingan yang dilaksanakan dengan menyusun materi beserta kegiatan berbagai materi untuk diterapkan.

Semula, kegiatan pendaming dan diskusi dilakukan secara langsung tatap muka, namun sejak adanya pandemic covid 19, komunikasi dan pendampingan dilakukan secara daring. Dengan berbagai alasan baik, kegiatan ini juga kami tampilkan di beberapa media social online dan pemberitaan di media masa kampus.

VIDEO PILIHAN