Mohon tunggu...
wahyu dwi nur hidayat
wahyu dwi nur hidayat Mohon Tunggu... mahasiswa

saya adalah mahasiswa yang sedang berproses

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa KKN Dampingi UMKM BRIlink Pak Nyoman dalam STRATEGI Branding

13 September 2025   16:33 Diperbarui: 13 September 2025   16:33 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
branding umkm pak nyoman foto : mahasiswa kkn

Ogan Komering Ulu Timur -- Branding menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Menyadari hal tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nurul Huda  melaksanakan program pendampingan branding bagi UMKM BRILink milik Pak Myoman di Desa Karang Menjangan, Kecamatan Semendawai Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

UMKM BRILink yang dikelola Pak Myoman selama ini telah membantu masyarakat dalam berbagai transaksi perbankan, mulai dari tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, hingga pembelian produk digital. Meski memiliki potensi besar, usaha ini masih menghadapi tantangan dalam hal promosi dan identitas usaha.

"Selama ini promosi hanya dari mulut ke mulut. Belum ada logo, slogan, ataupun banner yang jelas. Jadi orang luar desa belum banyak yang tahu," ungkap Pak Myoman.

Melalui program KKN, mahasiswa memberikan pendampingan berupa sosialisasi pentingnya branding, perancangan identitas usaha (logo, slogan, dan banner), serta pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari observasi UMKM, sosialisasi branding, hingga pemasangan banner identitas usaha di lokasi BRILink Pak Myoman.

"Branding tidak hanya soal logo atau desain, tapi juga bagaimana membangun citra usaha yang profesional dan dipercaya masyarakat. Dengan adanya identitas usaha, UMKM akan lebih mudah dikenali dan dipercaya konsumen," jelas Wahyu Dwi Nur Hidayat, ketua tim KKN.

Dampak dari kegiatan ini mulai terasa. Usaha BRILink Pak Myoman kini memiliki logo dan banner resmi, serta mulai menggunakan WhatsApp Business dan Facebook untuk memperluas promosi. Masyarakat sekitar pun lebih mudah mengenali layanan yang tersedia.

Dengan adanya branding yang lebih kuat, diharapkan UMKM BRILink Pak Myoman dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas jangkauan pasar, dan menjadi contoh bagi UMKM lain di desa dalam mengembangkan usaha secara profesional.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun