Mohon tunggu...
Wahyu Nur Fatimah
Wahyu Nur Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Human yang suka sekali membaca novel dan memotret langit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resume Buku: Manajemen Komunikasi Digital

21 November 2022   11:46 Diperbarui: 21 November 2022   11:57 819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul buku : Manajemen Komunikasi Digital

Penulis : Dr. Rulli Nasrullah, M.Si.

Penerbit : Prenadamedia Group

Tahun : 2022

Jumlah halaman :315

Di era sekarang ini sebagaian besar penduduk dunia tidak bisa terlepas dengan internet. Di Indonesia sendiri dalam beberapa riset selalu menempati urutan satu hingga lima sebagai negara terbanyak jumlah akun maupun unggahan konten di media sosial. Bagi institusi atau organisasi, media digital memberikan semacam pengganti untuk penyebaran informasi, komunikasi publik, maupun aktivitas kehumasan. Media digital ini kemudian juga memberikan perubahan dalam hubungan antara institusi dan publik. Jika selama ini komunikasi cenderung didominasi satu arah dan bertipe broadcast, namun sekarang menjadi interaktivitas dimana keduanya merupakan entitas yang setara, berada dalam satu jaringan yang sama, dan bisa saling memengaruhi. 

Bab pertama dalam buku ini membahas konsep-konsep tentang komunikasi maupun komunikasi digital. Sebagai sebuah proses produksi pesan, penyebaran pesan, penggunaan saluran atau media, sampai pada penerimaan pesan pada dasarnya tetap menjadi landasan dasar dalam melakukan komunikasi digital. Namun perkembangan teknologi informasi dan media sosial memberikan redefinisi ulang pada semua aspek dalam berkomunikasi.  Bab selanjutnya juga dibahas tentang budaya digital. Budaya digital merupakan nilai-nilai yang berlaku di suatu komunitas tertentu yang muncul karena hadirnya internet. Budaya digital juga menjadi semacam nilai-nilai yang harus diadaptasi oleh institusi dan menjadi persyaratan bagi aktivitas komunikasi digital yang harus dimiliki oleh semua sumber daya manusia yang ada di institusi.

Bab selanjutnya akan diuraikan dalam sisi praktis, buku ini menguraikan bagaimana membuat panduan komunikasi digital, standar operasional prosedur (SOP), rencana publikasi digital, mengelola interaksi dengan khalayak, juga melakukan evaluasi termasuk tindak lanjut dari program yang dilakukan. Selain itu contoh-contoh praktik berupa dokumen yang dilakukan oleh institusi juga disertakan sebagai panduan. Dari pembahasan yang diuraikan, tujuan akhir buku ini ada pada kata conten nation, sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Blossom. Konsep yang menyatakan bagaimana dengan sebuah konten di era media sosial ini institusi dapat bertahan hidup dan menjalankan aktivitasnya sesuai dengan target. Yang kini kekuatan itu semakin bertambah karena keterlibatan khalayak digital.

Kelebihan : sangat rekomendasi dibaca oleh praktisi kehumasan karena isinya sangat lengkap

Kekurangan : terdapat beberapa kata yang salah dalam penulisan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun