Mohon tunggu...
Adam
Adam Mohon Tunggu... pegawai negeri/ guru SD -

Belajar menulis dan berbagi pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Ayo Belajar Komputer Jangan Gaptek

24 Oktober 2015   22:47 Diperbarui: 25 Oktober 2015   07:12 196 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Belajar Komputer Jangan Gaptek
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

 

Saya bukan ahli dalam kutak katik komputer dan memang tidak pernah belajar masalah komputer secara khusus. Hanya karena pekerjaan saya selalu menuntut dan berhadapan langsung dengan komputer maka saya bisa juga mengoperasikan komputer sebatas keperluan. Mungkin oleh karena itu maka saya dianggap tau seluk beluk komputer dan permasalahannya.

Ini bukan kali pertama dimintai tolong kalau ada teman yang bermasalah dengan komputer atau laptopnya. Kalau ada yang minta bantu ya dibantu sesuai kemampuan kita. Sukur kalau bisa mengatasinya, kalaupun kita tak mampu kita sarankan dbawa ketempat serpis. Yang penting kita lakukan adalah membantu semampu kita agar mereka tak kecewa.

Seperti pada malam ini saya kedatangan tamu dirumah. Ketika itu saya sedang didepan laptop menyelesaikan entri data pupns teman karena kebetulan malam minggu ini adalah jadwal didaerah kami. Jadi saya memanfaatkan kesempatan. Karena senin besok sudah tak bisa karen bukan jadwal. Terpaksa harus menunggu jadwal hari rabu depan.

Kembali ke cerita tamu saya tadi yang datang minta bantuan saya karena laptopnya bermasalah. Adapun masalahnya seperti ini. Ada beberapa huruf kalau diketik yang terulis dilyar berubah menjadi angka umpamanya huruf Y jadi angka 1. Sehingga tak bisa digunakan untuk menulis.

Saya juga bingung karena belum pernah mengalami atau menemukan hal seperti tersebut. Saya amati kondisi laptopnya sepertinya dalam keadaan normal dan tak bermasalah. Apalagi laptopnya masih baru.

Beliau adalah kepaa madrasah ibtidaiyah. Dia memang menyarankan kepada guru yang ada di madrasahnya supaya belajar komputer. Karena selama ini diharapkan semua guru harus melek komputer dan internet, tidak gaptek. Karena sekarang semua data pribadi harus dikirim melalui aplikasi lewat internet. Umpamanya pupns yang sedang saya kerjakan tadi. Kebetulan teman saya itu gaptek mintak bantu juga dengan saya. Nah itu lah susahnya sebagai guru kalau tidak tau komputer dan gaptek.

Dari cerita beliau diatas saya berkesimpulan bahwa ini tidak rusak cuma salah pencet saja. Tapi terus terang saya juga tidak tau mana yang salah pencet itu.

Saya tak menyerah walaupun saya memang tak tahu. Oleh itu saya ambil HP dan brosing di google mencari dengan kata kunsi "cara memperbaiki keyboard huruf menjadi angka". Ternyata ada dua dugaan. Pertama keyboad rusak. Yang kedua kesalan pencet ketika menggunakan laptop. saya menduga dugaan kedua. Mereka pasti tak sengaja menekan FN dan F1 secara bersamaan. Bukankah mereka para ibu bapak guru di situ adalah para pemula, main pencet sembarangan, akibatnya terjadi seperti hal tersebut dan taktau lagi mengembalikannya ke semula. Cara memperbaikinya adalah denga menekan kembali FN dan F1 secara bersamaan kemudian labtop direstat.

Setelah saya ikuti petunjuk di google menekan FN dan F1 Secara bersamaan dan laptop direstat. Ternyata penyakit laptop teman saya tadi yang cukup meresahkanya dapat teratasi. Dan alhamdulillah dapat digunakan kembali untuk menulis. selain dapat membantu teman yang memerlukan , saya juga dapat ilmunya malam ini, dan sengaja saya catat di blog ini supaya selalu ingat dan apabila diperlukan dapat dengan cepat menemukannya kembali.

Itulah sekilas cerita malam minggu ini semoga ada manfaatnya

 

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN