Mohon tunggu...
Wahyu hardian Fauzi
Wahyu hardian Fauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh bagi Mahasiswa UNISA Yogyakarta

26 Januari 2022   00:56 Diperbarui: 26 Januari 2022   00:59 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Covid-19 pertama kali ditemukan pada tahun 2019 di Wuhan, Cina. Virus ini kemudian menyebar dalam waktu yang cepat ke seluruh belahan dunia sehingga menjadi pandemi yang perlu diwaspadai. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak dari Covid-19 ini. Kasus Covid-19 di Indonesia pertama kali ditemukan pada Bulan Februari, tahun 2020 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat, tidak sedikit korban jiwa yang berjatuhan karena serangan virus ini. 

Hal tersebut membuat pemerintah harus merumahkan seluruh masyarakat demi meminimalisir penyebaran virus ini. Semua orang mulai bekerja dari rumah yang dikenal dengan sebutan work from home (WFH). Tidak terkecuali dengan mereka yang sedang menjalankan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar sampai perkuliahan. Ini juga dirasakan bagi mahasiswa di Uiversitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA YOGYA). Seluruh mahasiswa harus menjalani pendidikan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran jarak jauh.   

Universitas Aisyiyah Yogyakarta merupakan salah satu universitas swasta yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNISA YOGYA saat ini memiliki 3 Fakultas dan 20 Program Studi dengan mahasiswa yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. UNISA YOGYA juga memiliki visi dan misi yang hendak dicapai. Akan tetapi, munculnya pandemi menjadi tantangan bagi universitas dalam mencapai visi dan misi tersebut. Kuliah yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka (luring), harus dialihkan menjadi kuliah jarak jauh yang disebut dengan kuliah daring. 

Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi bagi UNISA YOGYA dalam memberikan perkuliahan kepada mahasiswa selama pandemi berlangsung. Kemajuan teknologi pun menjadi sarana berlangsungnya pembelajaran jarak jauh ini. Berbagai media digunakan dalam memberikan pembelajaran, seperti Whatsapp, Instagram, Youtube, Zoom, dan sebagainya. Penggunaan media-media ini sangat membantu dalam berjalannya perkuliahan bagi mahasiswa selama perkuliahan jarak jauh berlangsung.

Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu metode belajar yang baru muncul di Indonesia, bahkan dunia. Kemajuan teknologi pun berkembang pesat dalam sektor pendidikan selama pandemi. Hal ini merupakan kemajuan karena suatu pendidikan juga bisa dilakukan walaupun anak didiknya berada di rumah. Mahasiswa UNISA YOGYA juga merasakan hal yang demikian, mereka harus belajar dari rumah dengan menggunakan berbagai media yang sudah ditentukan. 

Penggunaan media yang paling dominan digunakan adalah Whatsapp dan aplikasi Zoom. Media belajar menggunakan Zoom merupakan salah satu media yang cukup efektif digunakan pada saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. 

Hal ini dikarenakan penggunaan Zoom bisa dikatakan hampir sama dengan pembelajaran tatap muka. Dengan menggunakan media Zoom, dosen yang akan memberikan kuliah bisa melihat wajah dan bertatapan secara tidak langsung dengan mahasiswanya. 

Begitu pun sebaliknya, mahasiswa bisa merasakan pembelajaran semi tatap muka, mereka bisa melihat wajah dosen dan juga teman-temannya yang lain. Penggunaan media Zoom juga akan mempermudah dosen dalam menerangkan kuliah yang akan Ia sampaikan. Mahasiswa juga akan mudah memahami apa yang disampaikan dosen karena bisa melihat penyampaian dosen secara langsung walaupun hanya melalui media.

Penggunaan Whatsapp juga merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa UNISA YOGYA. Media Whatsapp merupakan solusi agar meminimalisir penggunaan kuota internet mahasiswa. Beda dengan media Zoom, aplikasi ini membutuhkan kuota internet yang cukup besar sehingga menyulitkan mahasiswa. Media Whatsapp tidak terlalu membutuhkan kuota yang besar. 

Walaupun demikian, ini juga merupakan salah satu media yang cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Melalui media ini dosen bisa menyampaikan materi kuliah lewat rekaman suara yang kemudian akan dipahami oleh mahasiswa. Selain itu, dosen juga bisa membagikan materi berupa Power Point yang akan menjadi bahan ajar bagi mahasiswa. Sebaliknya, melalui media Whatsapp ini mahasiswa bisa mengajukan pertanyaan maupun tanggapan melalui grup pembelajaran terkait materi yang sedang dibahas, baik secara ketikan maupun rekaman suara.

Dengan demikian, kemajuan teknologi sangat bermanfaat dalam berlangsungnya proses pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa di Universitas Asiyiyah Yogyakarta. Berbagai bentuk media dari hasil perkembangan teknologi bisa berguna untuk saling berkomunikasi dan mendapatkan ilmu. Metode pembelajaran yang sebelumnya tidak diketahui, pada akhirnya ditemukan dan digunakan demi berlangsungnya proses pendidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan