Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Mari Memasak Sup Ikan Kembung, yang Segar dan Nikmat

5 September 2021   16:03 Diperbarui: 8 September 2021   12:16 890 32 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mari Memasak Sup Ikan Kembung, yang Segar dan Nikmat
Sup Ikan Kembung yang segar dan nikmat. | Foto: Wahyu Sapta.

Waktu demikian cepat berpacu. Tidak terasa, Minggu menjelang kembali. Waktunya libur dari segala kegiatan rutinitas sehari-hari. 

Saatnya bereksplorasi! Yuk, mari kita menyalurkan hobi!

Berbagai hobi siap dijalani. Kalau saya, senang bereksplorasi di dapur. Mencoba resep baru, menyiapkan sajian makan siang untuk keluarga di rumah. Mumpung kumpul, nih. 

Memasak dengan bahan yang ada, atau yang tersedia di Mas Penjual Sayur tadi pagi. Kebetulan, tadi ada ikan kembung. Boleh nih dimasak sup. Pasti segar dan nikmat. 

Terbayang di kepala saya, sup yang berkuah melimpah, segar, bening, cocok untuk sajian makan siang yang sedang terik. Memang ya, kalau musimnya lagi kemarau, membawa udara gerah. Penginnya makan yang memberi rasa segar. Cocok deh kalau masak sup.

Ikan kembung sendiri merupakan ikan laut yang memiliki gizi tinggi, pas untuk tumbuh kembang anak. Biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Tetapi tadi ketika saya membeli di penjual sayur, masih berupa ikan kembung segar, jadi harus segera dimasak.

Markimas, mari kita masak!

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, setelah dibersihkan isi perutnya dan dicuci bersih, saya membalurnya dengan air jeruk nipis dan diberi sedikit garam. Tunggu beberapa menit, lalu ikan dicuci kembali. Bau amis akan hilang dan siap diolah. 

Nah, tidak hanya sayur-sayuran saja yang dapat diolah menjadi sup, loh. Jika biasanya sup identik dengan sayur-sayuran sebagai bahan dasarnya, dari mulai wortel, kentang, kol, jamur dan lain sebagainya. Ternyata berbagai jenis ikan bisa dimasak menjadi sup yang segar dan bergizi, termasuk ikan kembung. 

Sup sayur biasanya memiliki kuah yang bening dengan rasa gurih dari kaldu ayam atau daging sapi. Sedangkan sup ikan memiliki rasa gurih dari kaldu ikan yang keluar pada saat diolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan