Mohon tunggu...
Wahyu Febriansa
Wahyu Febriansa Mohon Tunggu... Unusa

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Seputar Asal-usul Bahasa Indonesia

31 Oktober 2020   18:22 Diperbarui: 31 Oktober 2020   20:33 17 0 0 Mohon Tunggu...

NAMA : WAHYU FEBRIANSA

NIM     : 2130020063

PRODI: S1 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

KELAS B

RESUME MATERI "ASAL USUL BAHASA INDONESIA"

Bahasa indonesia adalah bahasa yang sering digunakan berkomunikasi sehari-hari, bahasa indonesia kini sendiri memakai bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa yang resmi oleh republik indonesia dan bangsa indonesia. bahasa indonesia kini diresmikan tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 bersamaan dengan berlakunya konstitusi. penggunaan bahasa indonesia ini sangat luas terutama di perguruan tinggi, surat menyurat resmi, media massa, perangkat lunak dan berbagai forum lainnya sehingga di katakan bahwa bangsa indonesia telah di gunakan oleh warga indonesia.

Setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 bahasa indonesia kini telah di akui secara yuridis. Secara sosiologis kita dapat mengatakan bahwa Bahasa Indonesia telah resmi diakui pada sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928. Namun secara yuridis Bahasa Indonesia diakui pada tanggal 18 agustus 1945 atau setelah kemerdekaan indonesia.

Perkembangan EYD yaitu ejaan yang ditulis oleh para pemakai untuk memakai bahasa Indonesia dengan benar sesuai dengan aturan. Yang pada akhirnya dapat terbentuk kalimat kata yang mudah dan dapat di pakai berkomunikasi sehari hari. Penyempurnaan ejaan dalam sejarah bahasa indoneisa terdiri atas :

1. Ejaan van Ophuijsen, Ejaan bahasa Melayu yang dengan huruf Latin. pedoman tata bahasa yang dikenal ejaan van Ophuijsen tersebut resmi di akui pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1901. Ciri-ciri yaitu memakai huruf i untuk pembeda, menggunakan huruf oe untuk pengganti huruf y, menggunakan huruf j untuk pengganti huruf y, 

2. Ejaan Soewandi, ialah ejaan dari sejarah bahasa indonesia yang berlaku pada tanggal 17 maret 1947. Ejaan soewandi berlaku hingga tahun 1972, yang kemudian diganti dengan EYD atau ejaan. Ciri-ciri yaitu huruf oe sudah tidak digunakan lagi diganti dengan huruf u.

3. Ejaan yang di sempurnakan, merupakan ejaan dari sejarah bahasa indonesia yang berlakukan pada tahun 1972. Ciri -ciri sistem ejaan latin untuk bahasa melayu dan bahasa indonesia yang disempurnakan antara lainnya yaitu menggunakan huruf c yang mengganti tj seperti cacing dan dll, huruf j untuk menggantikan huruf dj seperti jalan, huruf kh untuk mengganti ch.

VIDEO PILIHAN