Mohon tunggu...
Wahadi Siamto
Wahadi Siamto Mohon Tunggu... Dosen Dan Public Speaker

Aktif sebagai Dosen pada Universitas Pamulang sekaligus Praktisi Sumber Daya Manusia di salah satu Perusahaan Swasta dalam negri berfokus pada People Development program dan Training Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelatihan Pentingnya Menjaga Sanitasi Lingkungan pada Asrama Yatim dan Dhuafa

3 Maret 2021   10:41 Diperbarui: 3 Maret 2021   10:56 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Pentingnya Menjaga Sanitasi Lingkungan pada Asrama Yatim dan Dhuafa
Foto : Tim Dosen, Mahasiswa, dan bebarapa anak Yayasan Domyadhu Pamulang/dokpri

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim Mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Manajemen S-1 dengan Tema, 

"Pelatihan pentingnya menjaga sanitasi dilingkungan Domyadhu Pamulang Asrama Yatim dan Dhuafa"

Yayasan Yatim dan Dhuafa menjadi lokasi yang paling tepat untuk pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat pada masa pandemi Covid-19 kali ini. Hal ini dikarenakan Yayasan Yatim dan Dhuafa memiliki tanggung jawab besar guna mengelola dan menjamin keberlangsungan hidup seluruh pihak yang berada dalam yayasan tersebut, seperti Anak asuh, Para pengasuh, Pembina, dan pembimbing. Hal tersebut dikarenakan keterlibatan anak-anak asuh didalam yayasan yang besar dalam mempengaruhi sanitasi di lingkungan yayasan.

Merujuk hal tersebut diatas maka tim PKM Mahasiswa Universitas Pamulang menjadikan Yayasan Domyadhu Pamulang Asrama Yatim dan Dhuafa sebagai tujuan pelaksanaan Pengabdian guna membantu pengarahan tentang Kesehatan dan menjaga sanitasi dilingkungan Yayasan, sekaligus memaksimalkan peran Tri Dharma Perguruan tinggi.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarkarat dilaksanakan secara langsung di lokasi Domyadhu Pamulang, yang beralamat di Jl. Surya Kencana Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417 dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik pada Hari Rabu tanggal 3 Maret tahun 2021. Dilaksanakan oleh tim PKM dengan Bapak Wahadi Siamto, S.E., M.M. Sebagai Dosen Pembimbing, Abi Abdullah, Selaku Ketua Pelaksana, Anita Ramadhona, Selaku Narasumber, Arif Rizqullah Darmawan, Sebagai Anggota Pelaksana, Farah Fadilah, Sebagai Anggota Pelaksana, dan Harfina, sebagai anggota pelaksana serta rekan mahasiwa Universitas Pamulang yang ikut serta mendukung kegiatan. Tema pelaksanaan PKM yang dimunculkan pada pelaksanaanya adalah "Pelatihan pentingnya menjaga sanitasi dilingkungan Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa".

Foto : Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa/dokpri
Foto : Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa/dokpri
Para Anggota Tim PKM Mahasiswa Universitas Pamulang hadir dengan penuh semangat dengan mengedepankan protokol kesehatan dan mendatangi Yayasan DOMYADHU Pamulang pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB. Seluruh rombongan dari Universitas Pamulang yang terdiri dari 1 Dosen Pembimbing dan 5 Mahasiswa disambut dengan baik oleh ketua Yayasan Domyadhu Pamulang Bapak Iwan Sunarya dan segenap pengurus. Selanjutnya kegiatan PKM dihadiri oleh Anak Yayasan Domyadhu Pamulang yang terdiri dari usia anak-anak hingga remaja.

Pelaksanaan PKM dibuka oleh Siti Nurcahyanti selaku pembawa acara yang sekaligus menyampaikan susunan acara. Selanjutnya sambutan oleh Pengurus yayasan dan dilanjutkan sambutan dari Ketua Pelaksana PKM Mahasiswa Universitas Pamulang Saudara Abi Abdullah. Selanjutnya  penyampaian materi yang disampaikan oleh Anita Ramadhona sebagai narasumber, dengan membahas tentang Pelatihan pentingnya menjaga sanitasi dilingkungan Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa. Dilanjutkan dengan penandatangan dan penyerahan Surat Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Pamulang dengan Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa.

Foto : Dokumentasi Pelaksanaan PKM Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa/dokpri
Foto : Dokumentasi Pelaksanaan PKM Domyadhu Pamulang Asrama Asuh Yatim dan Dhuafa/dokpri
Banyak hal yang disampaikan dalam kesempatan ini, dan secara garis besar menjelaskan tentang pentingnya menjaga sanitasi yang bertujuan untuk pencegahan penyakit dengan mengurangi atau mengendalikan factor-faktor lingkungan fisik yang berhubungan dengan rantai penularan penyakit. Pada kesempatan tersebut juga diberikan arahan secara langsung cara menjaga sanitasi dalam diri sendiri yaitu dengan memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan. Untuk selanjutnya tim PKM Mahasiswa Universitas Pamulang berjanji akan melakukan monitoring dan pembinaan secara berkala guna memaksimalkan penerapan kebersihan agar dapat menunjang keberhasilan usaha yang dijalankan oleh Domyadhu Pamulang.

VIDEO PILIHAN