Mohon tunggu...
Wahadah Atika
Wahadah Atika Mohon Tunggu... Seniman - Mahasiswa

Semoga bermanfaat!!!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Suatu Pekembangan terhadap Anak

19 September 2019   17:56 Diperbarui: 19 September 2019   18:01 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mengasuh, membesarkan, dan mendidik anak merupakan suatu 'tantangan dan tanggung jawab' orangtua. Banyak usaha yang dilakukan para otangtua dan pendidik untuk membekali anak dengan pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan perkembangannya. Proses-proses perkembangan yang terjadi pada seorang anak dengan apa yang dialami dan diterimanya akan menjadikan dirinya tumbuh dewasa.

Harapan orangtua pun dapat mengembangkan anak sebaik mungkin agar anak berhasil melewati fase-fase perkembangan yang sedang dilalui. Sepertihalnya anak berusia 2 tahun sudah mampu berjalan, berbicara, lincah beraktivitas, bisa berlari. dengan bertahap dan berjalannya waktu semakin dewasa perkembangan mereka semakin baik dan mengerti perannya masing-masing, orangtua pun senantiasa akan bahagia dan senang.

Sehingga ada seorang psikologi mengatakan beberapa prinsip dalam perkembangan anak diantaranya:

1. Perkembangan tidak terbatas yang berarti tahap perkembangan berikutnya tidak terlepas atau berdiri sendiri yang bersifat progresif, teratur, koheren, dan berkesinambungan.

2. Perkembangan berawal dari respon-respon yang bersifat umum menuju ke khusus. seperti halnya seorang anak melihat seseorang dengan wajah berbeda maka dengan berjalannya waktu, bertambahnya usia anak itu akan tau perbedaan wajah-wajah tersebut.

3. Manusia merupakan totalitas yakni kesatuan antara perkembangan aspek fisik-monotorik, mental, emosi, dan sosial. Sehingga satu perhatian pada segi akan mempengaruhi segi lain. Sepertihalnya orangtua lebih mengutamakan segi mental kecerdasan anak maka anak yang dituntut dalam suatu aturan-aturan, kegiatan-kegiatan yang menuntutnya berhasil dalam bidang intelektual dia bisa saja menjadi bintang kelas tetapi apakah perkembangan fisiknya juga bagus, apakah anak itu lincah, ceria seperti anak-anak lain? Maka dari itu manusia harus memiliki totalitas.

4. Perkembangan yang berlangsung secara berantai yaitu perkembangan yang bersifat universal seperti anak dalam perkembangan berjalan pasti sebelum berjalan ia kan melalui masa merangkaknya terlebih dahulu.

5. fase perkembangan yang bersifat khas yaitu pada sikap anak yang dapat dikatakan buruk atau kurang sesuai seperti pada masa anak yang masih belum mengerti dan tidak bisa apa-apa dengan memperoleh kemampuan baru maka anak akan lebih mandiri, sikap yang duku manis, patuh menjadi bandel dan keras kepala. Oleh karena itu pada anak akan silih berganti sebagaimana alur dari sebuah spiral yang bergerak keatas. Namun justru adanya perubahan-perubahan itulah adanya perkembangan.

6. Perkembangan seorang anak diperkirakan seperti anak yang tumbuh dengan 'kekurangan' maka perkembangannya cenderung akan lambat dengan perkembangan anak lainnya.

7. Perkembangan terjadi karena faktor kematangan dan belajar, perkembangan dipengaruhi dari dalam atau bawaan dan faktor luar yang berarti dari lingkungan sekitar

7. dan setiap individu berbeda-beda tidak akan ada dua orang yang sama meskipun berasal dari orangtua yang sama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun