Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Programmer - https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ratu Elizabeth II, Sang Ratu Teknologi

9 September 2022   17:15 Diperbarui: 9 September 2022   22:24 263 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: fortune.com

Di usianya yang ke-96, Ratu Elizabeth II masih terlihat modis dan rapih dengan cara berpakaian yang sopan, lengkap dengan topi dan aksesoris lainnya yang serasi. Selain itu, beliau masih mampu menjalankan tugas kenegaraannya. Salah satunya adalah melakukan upacara pengangkatan/pelantikan PM Inggris yang baru, Liz Truss, dua hari sebelum kematiannya, seperti diberitakan oleh Kompas pada link berikut:

Temui Ratu Elizabeth II, Liz Truss Resmi Menjadi Perdana Menteri Inggris yang Baru

Banyak hal inspiratif dari Ratu Elizabeth. Ratu menikah lebih dari 70 tahun dengan suaminya yang meninggal  pada usia 99 tahun, yakni Pangeran Philip. Prestasi luar biasa pada masa dimana kawin cerai terdengar menjadi sesuatu yang biasa bagi kebanyakan orang hampir diseluruh dunia. Sejak usia 50, beliau sudah melakukan perjalanan ke 43 negara berbeda, untuk pertama kalinya. Usia 50, memang belum terlalu tua jika dibandingkan dengan usia ketika beliau meninggal dunia. 

Tetapi, coba lihat di sekitar kita. Banyak orang disekitar kita yang belum umur 50 saja sudah merasa tua. Diajak mencoba hal-hal baru, jawabnya,"Males ah udah tua!".

Hari ini, mengenang hidup beliau selama 96 tahun, mudah-mudahan ada rasa malu yang muncul pada diri kita masing-masing yang masih suka beralasan:

Malu sudah tua

Maklum sudah tua

Namanya juga orang tua

Apakah beliau, yang usianya sudah terbilang panjang umur, sudah punya cicit, yang hidup ditengah modernisasi yang pasti banyak hal tidak dia pelajari di masa sekolah atau masa mudanya, juga pernah merasa gaptek?

Ternyata, beliau punya julukan: "Techno- Queen" atau  "Ratu Teknologi". Berikut beberapa bukti bahwa beliau adalah orang yang memiliki kecakapan dalam mengikuti dan menerapkan teknologi dalam kehidupannya.

1953: Ratu Elizabeth naik tahta dan untuk pertama kalinya, upacara pemahkotaan ditayangkan live menggunakan teknologi televisi, atas keinginannya. Saat itu televisi adalah suatu teknologi baru.

1957: Untuk pertama kalinya Ratu Elizabeth II menyampaikan pesan Natal melalui televisi

1976: Ratu Elizabeth II menjadi Ratu/Pemimpin Inggris yang pertama kali berkirim email. Bahkan hari ini saja masih banyak orang di sekitar kita yang gak tua-tua banget enggan belajar menggunakan email. Ha...ha..ha..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan