Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Seorang Periset Selalu Menemukan Sesuatu yang Baru

5 Mei 2021   01:06 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:34 212 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seorang Periset Selalu Menemukan Sesuatu yang Baru
sumber: www.lfe.uni-leipzig.de

Sejak pandemi Korona, di mana aktivitas belajar mengajar diselenggarakan secara online jarak jauh.

Akhir-akhir ini, mulai nampak di media sosial, para ibu dan anak-anaknya yang masih sekolah di sekolah dasar, memamerkan tanaman hasil "riset" anak-anaknya. 

Ada juga yang memamerkan "riset" kimiawi mengenai campuran warna-warna. Mungkin semua itu hanyalah sebuah upaya teknik mengajar yang tidak melulu cuma teori

Tetapi, kenyataannya para murid mendapat kesempatan dan didorong untuk melakukan praktik dan mengetahui hasil dari praktek yang dilakukan, menganalisa hasil yang didapat dan akhirnya mereview proses yang sudah dilakukan. Dan semua itu dilakukan tanpa ada guru yang membimbing dari jarak dekat.

Saya rasa, mempelajari sesuatu dengan cara langsung mempraktekannya adalah sesuatu yang brilliant. Mungkin saat ini, karena masih duduk dibangku sekolah, mereka tidak menyadari apa yang dilakukan. 

Mungkin para murid itu hanya melakukan apa yang ditugaskan gurunya. Mungkin saat ini mereka hanya sekedar senang dengan apa yang mereka lakukan dan melihat hasilnya. 

Mudah-mudahan kesenangan itu melahirkan sesuatu yang positif dan melatih cara berpikir yang kritis, tidak hanya menghapal teori, tetapi mendapatkan sesuatu yang berkesan dari hasil karya mereka.

Semoga teknik belajar seperti itu dapat terus dikembangkan walau suatu saat nanti proses belajar mengajar kembali dilakukan secara normal. 

Menciptakan lingkungan yang lebih kepada mencari tahu dengan cara melakukan percobaan-percobaan daripada hanya sekadar menyampaikan teori.

Adalah sangat penting untuk mendorong murid-murid melakukan riset-riset kecil, yang tentunya diharapkan kelak mereka terbiasa dengan riset-riset besar yang dapat menghasilkan ilmuwan-ilmuwan yang mumpuni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN