Mohon tunggu...
Vlomaya
Vlomaya Mohon Tunggu... VLOMAYA (Komunitas vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya)

VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), bagi mereka yang suka menulis, yang suka membuat vlog atau video untuk berbagi. Berbagi apa saja, yang penting bermanfaat. Tagline: 'explore your (local) culture.' Ayo gabung bersama kami di wa group kami. Silakan kirim wa ke: 085313141496 atau email kami di: vloggerkompasiana@gmail.com See you guys .... ;)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Melebarkan Sayap ke Penulisan Semi Ilmiah Populer bersama "LUTUNG" FSP

17 April 2019   14:37 Diperbarui: 17 April 2019   14:44 22 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melebarkan Sayap ke Penulisan Semi Ilmiah Populer bersama "LUTUNG" FSP
img-20190119-wa0002-5c4c5a24ab12ae1e190df7a4-5cb6d61fa8bc155dc87e2af3.jpg


Kembali untuk mengembangkan kreativitas menulis, Vlomaya kali ini bekerjasama dengan salah satu Badan Semi Otonom dari Fakultas Biologi Universitas Nasional yang bergerak pada bidang konservasi khususnya Primata. Dihadiri oleh murid SMA, Mahasiswa Biologi dan Mahasiswa Keperawatan serta beberapa senior konservasi, antusias peserta yang sangat baik membuat acara berjalan dengan sukses. Acara ini diselenggarakan di Pusat Laboratorium UNAS dengan narasumber Ketua Vlomaya, Drs. Bugi Kabul Sumirat, M.Phil.

Bagi sebagian mahasiswa yang bergelut di bidang sains, tentu tak asing jika mendengar tentang karya ilmiah, jurnal ilmiah ataupun publikasi lain yang bentuknya sangat ilmiah, tapi masyarakat zaman sekarang tentu harus mengerti apa pandangan scientist dengan cara dan pandangan mereka sendiri. Scientist tak bisa memaksakan bahwa masyarakat harus mengerti apa yang ia ingin sampaikan dengan bahasa ilmiah, lalu dengan apa penyampaian yang baik? Penulisan semi ilmiah lah solusinya!

Sabtu (19/1/2019), "LUTUNG" Forum Studi Primata UNAS  Jakarta mengadakan pelatihan bagi mahasiswa UNAS dan siapa saja yang tentu memiliki keinginan untuk menulis semi ilmiah. Pelatihan ini diadakan dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Kelas berjalan dengan asyik karena pembawaan dari Pak Bugi yang enjoy dan tidak membuat audiens merasa kantuk sama sekali. Ada beberapa tahap yang dilakukan agar bisa menjadi penulis semi ilmiah, tentunya langkah-langkah tersebut harus berjalan dengan pelan dan terarah agar setiap langkahnya menghasilkan hasil yang baik dan luar biasa.

Tujuan diadakan penulisan ini, kelak anggota "LUTUNG" Forum Studi Primata UNAS dapat menulis karya semi ilmiah populer tentunya dengan membawa topik ilmiah yang disajikan lebih ringan dan dengan  bahasa yang tidak serumit karya ilmiah. Output yang didapat dari kelas ini yaitu telah terpostingnya beberapa tulisan dari beberapa peserta di laman Kompasiana. 

Sebagai lanjutan, akan diadakan pelatihan menulis dan bekerjasama dengan Pusat Riset Primata UNAS, HIMABIO, dan Kompasiana. Pelatihan akan diselenggarakan tanggal 20 April 2019 dengan 2 narasumber, Ketua Vlomaya dan Perwakilan Kompasiana. So what are you waiting for? Lets register on the link below!
>>> bit.ly/pelatihanmenulisfsp <<<

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x