Sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, Â maka AirNav Indonesia terus berbenah diri dalam menghadapi perkembangan pelayanan jasa penerbangan. Persaingan global akan semakin ketat dalam beberapa waktu kedepan, apalagi bagi AirNav yang mendedikasikan diri sebagai perusahaan pemberian jasa pelayanan penerbangan.
Dalam kegiatan yang dihelat mulai pagi ini sampai dengan besok tanggal 20 Februari 2019, AirNav Indonesia Cabang MATSC telah mendatangkan nara sumber praktisi dunia penerbangan yaitu perwakilan  ikatan pilot indonesia (IPI) dari Sriwijaya Air Capt. Washy A. Tolani dan dari Lion Air Capt. Kresna Aji Asvino. Kedua nara sumber ini dipertemukan dengan para pemandu lalu lintas udara, atau dikenal sebagai Air Traffic Controller (ATC) dari Cabang MATSC, Palu dan luwuk.
Berawal dari perbedaan latar belakang masing -- masing ATC karena banyaknya tenaga ATC baru yang ditempatkan di MATSC.
Maka beberapa diantara para ATC tersebut berasal dari daerah kecil dimana hanya pesawat berbadan kecil yang dilayani.
Sesampai di MATSC, maka berbagai macam jenis pesawat dapat ditemui dan harus dilayani selama 24 jam. Keadaan itu membuat adanya semacam Culture Shock bagi sebagian ATC.
Melihat keadaan itu, General Manager Cabang MATSC berinisiatif untuk melakukan tindakan guna mengikis perbedaan persepsi dan pelayanan serta memupuk pengetahuan bagi pegawai ATC baru agar sama dengan pegawai ATC MATSC yang sudah berpengalaman.
Seperti diketahui bahwa berbagi jenis pesawat udara memiliki karakteristiknya masing - masing, sehingga perlakuan dan pemberian pelayanannya pun akan sangat berpengaruh bagi operasional dan manuver dari pesawat udara tersebut.
 Disinilah seorang ATC dituntut untuk memahami karakteristik masing -- masing pesawat agar tidak terjadi standar pelayanan yang berbeda yang diberikan oleh ATC.
Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa moda transportasi udara adalah jenis moda transportasi yang sangat diperhatikan dari segi keamanannya (safety), sehingga apapun yang berhubungan dengan hal itu mempunyai standar perlakuan khusus.
Sesuai dengan Misi AirNav Indonesia yaitu "Menyediakan Layanan Lalu Lintas Penerbangan yang Mengutamakan Keselamatan, Nyaman dan Ramah Lingkungan Demi Memenuhi Ekspetasi Pengguna Jasa",
Dengan luas wilayah tanggung jawab yang dikelola oleh AirNav Cabang MATSC seluas 2/3 dari luas wilayah udara Indonesia, maka hal ini menjadi begitu penting untuk diketahui bagi semua ATC di MATSC.