Mohon tunggu...
Vivi Fariska
Vivi Fariska Mohon Tunggu... Riska
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Vivi Ika fariska

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Belajar Humanistik dan Contoh Penerapannya

2 November 2020   10:04 Diperbarui: 26 April 2021   13:01 14867 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teori Belajar Humanistik dan Contoh Penerapannya
Mempelajari teori humanistik (fuadaf.blog.uns.ac.id)

Apa sih teori belajar Humanistik dalam pembelajaran?

Teori humanistik dalam pembelajaran adalah memanusiakan manusia, di mana seorang individu dapat menggali kemampuanya sendiri untuk di terapkan dalam lingkungannya.

Berdasarkan teori maslow teori humanistik ini lebih mengedepankan motivasi untuk mengembangkan potensi peserta didik secara penuh. Sedangkan menurut rogers teori humanistik ini membahas tentang belajar dan pembelajaran.

Taukah kamu bahwa dalam memenuhi kebutuhan hierarki itu ada tingkatannya? Ya teori maslows mengatakan bahwa kebutuhan itu sendiri dari 5 tingkatan di mana kebutuhan tingkat rendah harus dipenuhi secara memadahi sebelum kebutuhan tinggi dapat mempengaruhi perilaku kita. 

Kebutuhan yang paling rendah dalam hierarki adalah:

kebutuhan fisiologi 

Kebutuhan inilah yang pasti kita penuhi terlebih dahulu, seperti makanan, udara dan air. karena jika tidak terpenuhi maka kita tidak bisa memenuhi kebutuhan yang lainya.

Kebutuhan rasa aman

Kebutuhan yang terpenuhi adalah kebutuhan atas rasa aman yang dapat menyelamatkan kehidupan kita dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Kebutuhan sosial

Kita hidup pastinya tidak sendiri kan? Dan jangan kita memerlukan hadirnya orang lain disekitar kita, itulah hal yang yang wajar, contohnya dalam hal membutuhkan rasa kasih sayang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN