Mohon tunggu...
Media

Komunikasi dari Merpati hingga Ujung Jari di 2020

20 September 2015   14:29 Diperbarui: 21 September 2015   14:58 338 3 0 Mohon Tunggu...

 

sumber gambar : http://www.ngasih.com/2014/09/27/sejarah-burung-merpati-pos-dan-merpati-balap/

 

Merpati merupakan salah satu jenis burung yang dianggap cerdas. Burung ini juga memiliki naluri alamiah untuk bisa kembali ke sarangnya meskipun telah meninggalkan sarangnya dalam waktu yang cukup lama dan dengan jarak yang jauh. Karena kecerdasannya ini maka merpati dimanfaatkan sebagai alat atau media pada jaman dahulu kala untuk mengirim pesan yang kemudian disebut sebagai Merpati Pos.

Merpati harus berlatihan sebelum menjadi merpati pos. Latihan yang dilakukan seperti mengenali perintah yang diberikan, latihan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan latihan mengirim dan mengembalikan pesan. Biasanya surat yang akan dikirim digulung kemudian dimasukkan ke dalam kapsul plastik dan diikat atau disisipkan pada kaki merpati.

Merpati pos ini awalnya dilakukan oleh Naruddin, seorang Sultan Baghdad pada tahun 1146 untuk mengirim pesan ke wilayah sekitar kerajaannya. Tahun 1914-1918 merpati pos sering dimanfaatkan sebagai media komunikasi oleh pasukan Amerika.  

Jadi merpati pos ini merupakan alat atau media komunikasi pertama yang ada dunia. Seiring berjalannya waktu alat komunikasi semakin berkembang. Ada telegraf dan telepon di abad ke-18. Pada abad ke-19 terdapat berbagai media komunikasi baru seperti telegram, pager, surat elektronik(e-mail), internet, telepon genggam, pesan instant (YM, Google dll), Mobile Chat Messenger (BBM, Whatsapp, dll) dan ini merupakan media yang sangat populer pada jaman ini.

[caption caption="http://tech.firstpost.com/news-analysis/users-spend-30-percent-of-smartphone-time-on-communication-report-271878.html"]

 

[/caption]

Perkembangan media komunikasi yang terjadi ini, membuat masyarakat sepertinya tidak bisa lepas dari yang media komunikasi yang sangat canggih yang disebut gadget. Gadget saat ini sudah seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat. Sebenarnya, apa sih yang membuat orang hidup dekat dengan gadget? Mengapa orang sering menggunakan gadget? Gadget diambil dari bahasa Inggris yang berarti perangkat atau alat praktis. Jadi gadget adalah alat yang digunakan untuk membuat atau membantu kehidupan manusia agar lebih praktis, khususnya dalam bidang komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x