Mohon tunggu...
Virda HamidaRamadhina
Virda HamidaRamadhina Mohon Tunggu... Psychology

cuma seorang mahasiswa yang suka nulis

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Belajar Biologi Lebih Mudah Lewat Anime "Cells at Work!"

12 Juni 2019   07:55 Diperbarui: 12 Juni 2019   08:05 0 2 2 Mohon Tunggu...
Belajar Biologi Lebih Mudah Lewat Anime "Cells at Work!"
Tangkapan layar pribadi

Adakah yang suka dengan pelajaran biologi? Biologi adalah pelajaran yang menarik karena mengajarkan tentang bagaimana sistem kerja tubuh kita, makhluk ekitar kita, dan juga alam sekitar kita. 

Biologi juga adalah salah satu pelajaran yang dapat membuat kita mampu merefleksikan mengenai betapa hebatnya kuasa Sang Pencipta. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang mengeluh dan menganggap biologi adalah pelajaran yang susah karena banyaknya hafalan di tiap materinya. 

Hal ini terjadi karena pendidikan masih terlalu bergantung pada textbook. Pada musim panas 2018 lalu di Jepang, hadir anime berjudul "Cells at Work!" atau dengan nama jepang "Hataraku Saibou!" yang dapat membuat kita belajar biologi dengan lebih mudah, seru, dan menyenangkan. 

Bahkan di beberapa tempat di Indonesia, guru biologi menggunakan anime ini sebagai media pembelajaran bagi para siswanya.

Cells at Work atau dalam bahasa Jepang disebut Hataraku Saibou adalah anime yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya Akane Shimizu. Anime ini diproduksi oleh David Production. Dalam Hataraku Saibou, terdapat personifikasi dari sel-sel tubuh manusia yang berusaha dengan giat menjalankan tugasnya masing-masing. 

Berbagai personifikasi dari sel-sel tubuh seperti sel darah merah, sel darah putih, trombosit, sel T, sel B, makrofag, dan berbagai macam sel lainnya setiap hari berusaha menjaga dan mengontrol tubuh 24 jam tanpa henti supaya tubuh tetap sehat.

Anime ini tidak memiliki urutan plot yang kronologis. Kita dapat menonton tiap episode secara acak. Pada tiap episode membahas seputar pengetahuan umum tentang tubuh. Contohnya seperti penjelasan mengenai sel darah merah yang bekerja untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh, sel darah putih yang bekerja sebagai pembunuh benda asing yang mengancam tubuh, trombosit yang bekerja mengatasi pendarahan akibat luka luar tubuh dan memperbaikinya, dan sel--sel lainnya. 

Selain itu juga membahas mengenai macam--macam gejala penyakit yang terjadi dalam tubuh kita, seperti influenza, keracunan makanan, alergi, dan lain-lain. Pernah juga dalam suatu episode semua sel kekebalan bekerja sama untuk melawan sel kanker.

Anime ini banyak dipuji oleh kalangan profesional, salah satunya adalah seorang dokter dari Jepang bernama Ohtsuka Satoru. Beliau adalah lulusan pasca sarjana asal Jepang dari departemen molekuler onkologi Universitas Sekolah Kesehatan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. 

Melalui Twitter miliknya, beliau mengatakan penggambaran para sel kekebalan tubuh yang bertarung melawan sel kanker saat stage awal dalam anime itu sangat akurat bahkan saat dilihat dari sudut pandang seorang peneliti kanker. Karena dapat menjelaskan dengan baik tahap awal tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Salah satu hal yang menjadi keunikan dari anime Cells at Work adalah kemampuannya menggambarkan sesuatu yang membosankan ketika mempelajarinya di textbook menjadi sesuatu yang menarik. 

Misalnya dalam satu episode kita sudah bisa mempelajari tentang sistem peredaran darah yang dikemas dengan lebih menarik apabila dibandingkan saat mempelajarinya di textbook. 

Keunikan lain dari anime ini adalah kemampuannya dalam menggambarkan setiap personifikasi dari tiap sel dalam tubuh dengan baik. Sel darah merah digambarkan sebagai pengantar barang karena perannya mengantarkan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. 

Sel darah putih digambarkan seperti polisi yang selalu berpatroli, trombosit digambarkan sebagai anak kecil karena trombosit hanya bertahan 8-9 hari dalam tubuh.

Anime Cells at Work juga menyimpan pesan moral terselubung mengenai gaya hidup sehat. Bukankah miris melihat sel-sel dalam tubuh kita berusaha dengan keras untuk membuat tubuh tetap sehat, tetapi kita malah melakukan gaya hidup tidak sehat yang akan merusak tubuh kita? 

Padahal setiap sel dalam tubuh kita tanpa henti-hentinya tiap hari bekerja keras menjaga tubuh kita, mengoptimalkan tubuh kita, dan menyeimbangkan tubuh kita. 

Kita dapat hidup sampai saat ini juga karena kerja keras sel-sel dalam tubuh kita. Sayang sekali kalau kita malah menelantarkan dan tidak merawat mereka. Kita bisa mulai menyayangi dan merawat mereka dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.