Mohon tunggu...
Vira Puspita
Vira Puspita Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Hanya seorang Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Trip

Intip tentang Tempat Wisata di Sumedang Yuk!

19 September 2022   23:22 Diperbarui: 19 September 2022   23:24 201 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sumedang merupakan kampung halaman saya, saya sekeluarga sering sekali pergi kesana untuk bertemu keluarga besar. Agenda ketika musim liburan keluarga kami akan pulang ke Sumedang. Sumedang merupakan Kabupaten di Provinsi Jawa barat, kota ini sering dijuluki kota tahu karena makanan itu sangat terkenal karena rasanya gurih. Disini saya akan memberitahukan hal apa sih yang menyenangkan ketika berkunjung ke Sumedang. Apalagi tempat tempat wisatanya yang bisa dikujungi jika kalian ingin main Ke Sumedang.

Saya akan menceritakan sedikit tentang kampung halaman saya. Disini kebudayaan Sunda masih sangat kental dan juga banyak sekali tempat wisata alamnya. Tidak seperti Bandung yang sangat populer akan tempat wisatanya yang diketahui oleh orang luar daerah, Sumedang ini masih awam sekali, banyak orang - orang yang tidak tahu tempat apa yang wajib mereka kunjungi ketika berwisata ke Sumedang. Saya sekeluarga biasanya pergi ke Sumedang menggunakan mobil pribadi, perjalanan berangkat kami memulainya dari Cikarang dan memasuki tol Cipularang, dan keluar memasuki daerah Jatinangor. Jalanan di Sumedang banyak yang berbelok-belok karena berada di Jalan Gunung, bisa melihat indahnya  pohon pohon yang tinggi.  Salah satu jalan yang terkenal adalah Cadas Pangeran.

Jalan ini sangat berbelok – belok dan juga curam. Dibuat ditengah gunung. Cadas Pangeran mempunyai sejarah yang panjang dimana jalan ini dulunya dibuat pada jaman Belanda dan banyak sekali pekerja yang dipaksa dan juga disiksa yang menyebabkan banyaknya korban jiwa untuk pembangunan jalan ini. Dan kalian bisa melihat Patung Pangeran Kornel dan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels, jika membaca sejarah tentang Cadas Pangeran kalian akan tau apa tujuanya patung itu dibuat. Perjalanan dari Cikarang ke Sumedang menempuh waktu sekitar 4-5 jam perjalanan, sekarang sudah ada tol baru yang menuju ke Sumedang langsung, Namanya Tol Cisumdawu, jadi tidak akan melewati jalan Cadas Pangeran lagi.  

Kemudian sampailah kita di kota Sumedang, Ketika sampai Kota akan langsung tiba di alun alun kota Sumedang dan juga masjid Agung Sumedang yang berdiri ditengah kota, yang terletak di alamat Jl. Prabu Geusan Ulun, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan yang bisa dilakukan, bisa menaiki kuda dengan berkeliling mengitari alun – alun karena disana banyak sekali bangunan bersejarah. Seperti Monumen Lingga, Museum Prabu Geusan Ulun, Gedung Bangkok atau Gedung Negara, Masjid Agung Sumedang, Serta ada pula Gedung MPP atau Mall Pelayanan Publik

Lalu berkunjung ke Museum Geusan Ulun. Didalam Museum ini banyak sekali peninggalan bersejarah dan benda benda pusaka peninggalan leluhur kerajaan Sumedang Larang. Peninggalan seperti Mahkota, Kris, wayang, meriam, senjata perang kuno, lukisan, ada juga Gamelan. Disetiap tempat beda juga isi yang ada didalamnya. Jika berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun akan menambah sejarah baru seputar kerajaan sunda pada jaman dahulu. Dan di Museum ini sering diadakan kegiatan kebudayaan sunda. Harga tiketnya juga murah sekali. 

Kemudian tidak jauh dari alun alun Sumedang, kita bisa pergi menggunjungi Tahura Gunung Kunci yang lokasinya memang tak begitu jauh. Gunung kunci, disana terdapat goa atau benteng pertahan yang dibuat semasa jaman Belanda dikenal Sebagai goa Belanda, Tahura Gunung Kunci ini merupakan sebuah Bukit yang dikelilingi Pohon Pohon pinus yang tinggi menjulang dan juga besar. Tempatnya cocok buat santai bersama keluarga. Lokasinya juga dipinggir jalan jadi sangat mudah sekali ditemui.

Keluarga saya juga suka pergi melewati jalan Subang, jika lewat jalan Subang kami tidak akan masuk tol dan akan melalui jalur biasa. Perjalanan yang menyenangkan karena banyak sekali perkebunan the, jalannya sangat berbelok dan curam. Disepanjang jalan banyak saung saung untuk pengendara beristirahat. Keluarga kami juga suka pergi dengan rute dari Majalengka dan masuk ke arah Jatigede, nah disini banyak sekali tempat wisata baru dan juga desa wisata yang dikelola oleh masyarakat yang bekerja sama dengan pemda Sumedang dengan memanfaatkan keindahan dari Waduk Jatigede ini seperti puncak damar, kampung buricak burinong, kemudian ada tanjung duriat pesona Jatigede. Masjid Al Kamil yang baru selesai dibangun. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini,seperti menaiki perahu dan pergi kepulau pulau kecil, memancing, berkemah, dan sekarang banyak spot foto foto baru.

View panorama alamnya sangat indah, banyak pulau - pulau kecil yang terbentuk dari puncak gunung atau bukit yang terendam air, selain itu kita juga dapat menelusuri langsung waduk ini dengan menyewa perahu yang disewakan peduduk setempat. Akses jalannya belum terlalu bagus, masih banyak kekurangan dari segi Aksesibilitas. Kebanyakan yang berkunjung kesini hanya orang orang sekitar Sumedang saja.

Dari kampung saya tempat – tempat ini sangat dekat dan keluarga kami biasanya  pergi Bersama sama, kemudian makan disaung yang sudah disediakan, lalu kami akan bakar ikan hasil tangkapan, Kalo orang sunda makan sambil ngumpul bareng bereng disebutnya ngariung bari ngaliweut. Ngaliweut biasanya dialas pake daun pisang dan makan makanan khas Sunda.

Banyak tempat untuk berkemah, karena lahannya masih luas, berkemah didepannya disuguhkan keindahan waduk yang luas. Keindahan bisa dilihat jika menaiki bukit, dan bisa melihat seberapa luasnya Waduk Jatigede Ini. Untuk sekarang ada sarana Transportasi public yang disediakan untuk pergi ke waduk jatigede dari sumedang kota, semacam mobil wisata yang disewakan.

Tak Jauh dari sini ada juga tempat Bernama Batu Dua Gunung Lingga merupakan tempat untuk paralayang. Lokasinya ada diatas gunung dan itu sangat jauh dan tinggi sekali. Lokasi Obyek Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga di Sumedang Jawa Barat terletak di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Waktu saya SMP, saya sering mendaki kesini dari bawah bersama teman-teman. Sangat jauh dan juga melelahkan. Tapi itu semua sangat menyenangkan Jika sampai keatas, kita akan merasakan hamparan pegunungan dan dataran yang luas. Cocok buat main bareng keluarga.

Sebenarnya Sumedang banyak sekali tempat tempat wisata yang belum terekpos oleh wisatawan luar, biasanya hanya warga lokal saja yang tau tempat tempat tersebut. Padahal Sumedang memiliki pemandangan yang sangat indah sekali. Kebudayaan dan tradisinya juga masih kental. Banyak kegiatan kebudayaan sunda yang ditampilkan setiap ada hari besar. Banyak tempat tempat yang masih asri dan suasananya yang teduh dan adem karena berada di gunung. Itu beberapa tempat di Sumedang yang biasa dikunjungi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan