Mohon tunggu...
Virani Ramadhani
Virani Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hiii, Welcome!

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Arti Kekuasaan, Arkeologi Pengetahuan dan Bio-Power Menurut Foucault

1 Desember 2022   04:34 Diperbarui: 1 Desember 2022   04:47 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pewartanusantara.com

Mengenal Foucault

Foucault lahir di Poitiers pada 15 Oktober 1926, pada 1960, ia mengajar Psikologi di Universitas Clermont-Ferrand, dan pada 1962 ia mendapatkan gelar diploma Psiko-Patologi dari Institut Psikologi di Paris. 

Ia adalah seorang pemikir asal Prancis yang tidak mau dikotakkan dalam satu aliran pemikiran, yang mempunyai pengetahuan khas dalam menafsirkan pengetahuan, seksualitas dan kekuasaan. kemudian ia meninggal di Paris pada 25 Juni 1984. Beberapa karya Foucault, antara lain Madness and Civilization, The Birth of the Clinic, The Death and The Labyrinth, dsb. 

Kekuasaan menurut Foucault

Menurut Foucault, kekuasaan bersifat menyebar tanpa bisa di lokalisasi. Dan kekuasaan terdapat dimana saja, serta datang dari mana saja. Kekuasaan ini juga meresap dalam seluruh relasi sosial di masyarakat. Hadirnya kekuasaan yaitu bersumber dari adanya perbedaan, diskriminasi dan ketidaksamaan. 

  • Kekuasaan-pengetahuan

Relasi dari kekuasaan dan pengetahuan terjadi karena adanya hubungan timbal-balik antara kekuasaan dengan pengetahuan, dimana kekuasaan diartikulasikan ke dalam pengetahuan dan juga sebaliknya. Kekuasaan ini dianggap menghasilkan pengetahuan. Kekuasaan dan pengetahuan saling berkaitan satu sama lain. 

  • Kekuasaan-kebenaran

Kebenaran tidaklah bersifat stabil, melainkan berada dalam sejarah yang selalu berubah. Pada kebenaran ini dihasilkan lah banyak relasi, paksaan dan pertandingan/persaingan. Dari penelitian Foucault di klinik dan penjara, menggambarkan bahwa kebenaran secara aktual dapat terwujud dalam ilmu pengetahuan. 

Foucault mengatakan bahwa kita tidak bisa mengartikan kekuasaan sebagai (1) sebuah institusi dan mekanisme yang meyakinkan suatu ketaatan pada subordinat dalam satu negara, (2) sebuah modus penunjukan yang berbeda dengan kekerasan dan menggunakan bentuk yuridis, (3) sebuah sistem yang mendominasi satu kelompok tertentu pada keseluruhan tatanan kehidupan bermasyarakat.

Arkeologi Pengetahuan

The Archaeology of Knowledge ialah buku karya Foucault yang berisikan model pendekatan untuk menganalisis sejarah. Pada pendekatan sejarah Arkeologi pengetahuan ini menitikberatkan pada aspek diskontinuitas pada peristiwa sejarah yang sedang dikaji. Pendekatan ini digunakan untuk melihat suatu sistem pemikiran atau sebutan dari Foucault yaitu formasi diskursif, yang lebih kita kenal dengan wacana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun