Mohon tunggu...
VIRA MEILLYANAMUSTOFA
VIRA MEILLYANAMUSTOFA Mohon Tunggu... Lainnya - Ilmu Kelautan 2018

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

"Ka-ter" Hand Sanitizer Rumput Laut, Inovasi Baru dan Mudah Dibuat!

29 Juli 2021   19:50 Diperbarui: 29 Juli 2021   19:51 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ka-ter" Hand Sanitizer Rumput Laut, Inovasi Baru dan Mudah Dibuat!
 Hand sanitizer Rumput Laut. Sumber: dok.pribadi

Kedungmundu, Tembalang, Semarang (17/7), seorang mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021 Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah melakukan "Pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan rumput laut". Lonjakan kasus covid-19 di Indonesia ini menjadikan penggunaan hand sanitizer sangat penting untuk mencegah atau memperlambat penularan Covid-19. 

Penggunaan hand sanitizer sebagai alternative pengganti cuci tangan dengan air mengalir. 

Meskipun mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara yang paling efektif untuk mencegah dan memperlambat penyebaran virus, dengan adanya hand sanitizer ini diharapkan mempermudah masyarakat untuk tetap mematuhi protocol kesehatan, sehat, bersih dan bebas virus.

Vira Meillyana Mustofa, mahasiswi Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan melakukan program kerja kegiatan KKN tersebut dengan tujuan untuk memberikan ilmu yang bermanfaat untuk warga RT 07 RW 08 Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Semarang, sekaligus mewujudkan upaya pencegahan dan penularan Covid-19. 

Program ini dilaksanakan secara individu karena adanya pandemic ini dengan tema KKN yaitu "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".


Pelatihan pembuatan hand sanitizer rumput laut merupakan salah satu upaya dalam membiasakan diri hidup sehat dalam menghadapi pandemic ini. Penggunaan hand sanitizer berbahan rumput laut memberikan nutrisi lebih pada kulit dan menjadikan kulit lebih lembab. 

Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Kappaphycus alverezii atau biasa disebut dengan Eucheuma cottonii yang mengandung banyak karagenan. 

Rumput laut yang tergolong dalam rumput laut merah ini dapat membantu memulihkan penghalang kulit dengan menciptakan kembali kohesi sel, dengan cara ini dia bertindak sebagai semen seluler, mengikat sel satu sama lain. Ini membatasi dehidrasi kulit, memastikan keseimbangan air yang optimal. Penggunaan bahan dasar alami ini juga dapat membantu mencegah iritasi akibat dari alcohol.

Brosur Cara Membuat Handsanitizer Rumput Laut. Sumber: dok.pribadi
Brosur Cara Membuat Handsanitizer Rumput Laut. Sumber: dok.pribadi

Kondisi pandemi saat ini dan didukung oleh kebijakan universitas dimana kegiatan KKN dilakukan secara online mengharuskan pembatasan kerumunan, sehingga edukasi pelatihan pembuatan hand sanitizer rumput laut di kemas dalam bentuk video tutorial yang kemudian di unggah pada platform Youtube. Pendistribusian hand sanitizer rumput laut dilakukan melalui Ketua RT untuk dibagikan ke masing-masing warga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN