Mohon tunggu...
Vira Dwi Kirana
Vira Dwi Kirana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Tourism Interest:)

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Beragam Event Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-729

15 Juni 2022   18:35 Diperbarui: 15 Juni 2022   18:41 268 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

DPMPTSP-Kota Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan berbagai event untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 pada 31 Mei 2022 mendatang. Event-event itu sudah dimulai pada 1 Mei 2022 dan akan berakhir pada 5 Juni 2022. Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan serangkaian kegiatan dan festival menarik akan digelar di sepanjang Mei 2022.
Berikut beberapa rangkaian event peringatan Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-729 tahun:

Festival Rujak Uleg

Dalam memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-729. Festival Rujak Uleg digelar kembali di Jl. Kya - Kya Kembang Jepun Kota Surabaya, Minggu pada tanggal 22 Mei 2022 setelah 2 tahun tidak diadakan karena masa pandemi Covid19. Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya dan ditetapkan menjadi "Warisan Budaya Tak Benda". Festival Rujak Uleg ini diikuti 780 peserta dan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan ataupun minuman lainnya serta dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Surabaya yakni Eri Cahyadi. Puncak Acara Festival ini yakni pada pukul 19:00 yakni prosesi "Nguleg Bareng" dengan cobek raksasa dan di iringi dengan alunan musik beserta art show dan barongsai.

Lomba dayung sampan di Sungai Kalimas Surabaya

Dalam memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke-729, Kawasan Wisata Sungai Kalimas diramaikan dengan Lomba Dayung sampan pada hari sabtu, 28 Mei 2022. Lomba ini didatangi oleh Bapak Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi sebagai pembuka lomba Dayung Sampan yang memperebutkan Piala Wali Kota Tahun 2022. Tidak hanya itu di sepanjang kawasan Taman Prestasi dipenuhi oleh para Atlet dan pendukung tim lomba dayung. Pendukung dari masing-masing tim pun terus menabuh beberapa alat musik, menciptakan alunan-alunan nada yang membangkitkan semangat para Atlet sebelum bertanding. Perlombaan ini diikuti oleh 67 tim, yang terdiri TNI/Polri, PD, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan klub dayung yang ada di se-Kota Surabaya. Para atlet yang bertanding, terdiri dari 56 tim putra dan 11 tim putri.

Surabaya Vaganza 2022

Surabaya Vaganza merupakan rangkaian acara yang digelar untuk memperingati HUT Kota Surabaya 729 tahun. Surabaya Vaganza di laksanakan di sepanjang jalan Tunjungan -- Alun-alun Surabaya. Acara Surabaya Vaganza dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di jalan Tunjungan tepatnya di depan Gedung Siola. Ada sekitar 16 mobil hias pawai bunga yang menjadi pembuka. mobil pawai tersebut berasal dari berbagai instansi diantaranya dari Diskominfo Surabaya, KBS, Pelindo, Polrestabes Surabaya, PDAM Surya Sembada dan lain-lain. Kemudian disusul oleh peserta pawai budaya yang bersal dari 10 komunitas yaitu komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya. "Pawai bunga dan pawai budaya ini merupakan salah satu wujud kebangkitan Kota Surabaya menuju kerakyatan ekonomi", ucap Walikota Surabaya.

Pameran "Spirit Jalur Rempah" Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 


Pada pemberangkatan Jalur Rempah di tanggal 1 Juni 2022 mendatang, Kota Surabaya menjadi titik pertama dalam pemberangkatan. Muhibah Budaya ini menceritakan akan sejarah Kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh Raja Airlangga untuk membuka pelabihan guna menjadi jalur perdagangan dan pertukaran ilmu pengetahuan di berbagai wilayah di Jawa Timur.
Dahulu, Surabaya menjadi salah satu bagian wilayah Kerajaan Kahuripan sebagai kota perdagangan yang terkenal hingga mancanegara.

Oleh sebab itu, Muhibah Budaya ini diperingati setiap tahun sebagai bentuk mengingat sejarah akan situs budaya dan rempah-rempah. Pemeringatan Muhibah Budaya Jalur Rempah ini diselenggarakan dengan cara berlayar menelusuri jejak Jalur Rempah antarpulau. Selain itu, terdapat pameran akan "Spirit Jalur Rempah" di Komplek Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya dengan pameran forografi, lukisan dan instalasi serta gelar UMKM dan tampilan kesenian seperti ludruk serta reog.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan