Mohon tunggu...
vio firdatus vanesa
vio firdatus vanesa Mohon Tunggu... cerdas pikir luar biasa

siswa SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Jaga Bumi Sebelum Kita Tenggelam! Ketahui Isu Lingkungan Dunia: Global Warming

24 Oktober 2019   19:00 Diperbarui: 24 Oktober 2019   19:04 218 1 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Bumi Sebelum Kita Tenggelam! Ketahui Isu Lingkungan Dunia: Global Warming
Gletser yang mencair | wallpapermemory.com

 

Pernahkah merasa bahwa hawa udara terasa panas? Apalagi saat musim panas dan berada di daerah tropis seperti di Indonesia. Ditambah teriknya matahari atau asap-asap kendaraan di jalan raya membuat kita merasa hawa udara lebih panas dari sebelumnya yang telah kita rasakan. Perlu kita sadari bahwa adanya kemungkinan bumi sedang mengalami global warming atau pemanasan global.

Pemanasan global atau sering disebut global warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata baik pada atmosfer laut maupun atmosfer bumi. 

Pemanasan global telah menjadi isu lingkungan yang seharusnya menjadi perhatian masyarakat, sebab pemanasan global membuat suhu bumi selalu meningkat dari tahun ke tahun. 

Pemanasan global memiliki dampak yang sangat membahayakan bagi kelangsungan bumi serta tentu juga berdampak terhadap aktivitas seluruh penghuni bumi.

Salah satu penyebab pemanasan global disebabkan oleh rumah kaca. Panas dari sinar matahari memasuki atmosfer bumi dan mengenai rumah kaca atau bangunan apapun yang dinding luarnya berkaca. Rumah kaca tidak bisa menyerap panas matahari, sehingga ia memantulkan sinarnya lagi ke atmosfer bumi. 

Namun pada saat panasnya berada di atmosfer tidak bisa terlepas, karena tertahan oleh gas karbondioksida, metana, sulfur dioksida, dan uap air yang dihasilkan oleh penghuni bumi. Alhasil panas tersebut pun kembali ke bumi dan membuat seluruhnya meningkat suhu rata-ratanya. Mulai dari suhu perairan, suhu hawa udara, dan lain-lainnya.

Meningkatnya suhu rata-rata atmosfer bumi juga dapat berpengaruh pada jumlah air di muka bumi. Energi panas tersebut juga mengenai kutub bumi dan dapat membuat kutub mencair. 

Kutub yang mencair inilah yang lama-lama daratan bumi (benua) bisa terancam tenggelam bila hal tersebut terus berlanjut. Karena gletser atau kutub yang mencair tersebut berpotensi mengalir ke pesisir pantai/ pinggir pulau/ pinggir benua dan menerjang daratan hingga tertutupi oleh perairan yang merupakan percampuran dari air laut dan kutub yang mencair.

1941 vs 2004 | brightside.me
1941 vs 2004 | brightside.me

    Dampak lainnya pemanasan global yang mempengaruhi kelangsungan bumi, diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x