Mohon tunggu...
Vini Alvionita
Vini Alvionita Mohon Tunggu... Penulisan Naskah Digital

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perbedaan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)

27 September 2020   22:47 Diperbarui: 27 September 2020   23:33 22 0 0 Mohon Tunggu...

Kemajuan teknologi seperti Internet telah memudahkan kita dalam menemukan informasi dari berbagai sumber. Ketika mencari informasi yang kita butuhkan di internet, ada banyak tulisan dari berbagai sumber yang muncul pada halaman pencarian. Hal ini disebabkan karena kata kunci yang kita masukkan ke dalam mesin pencarian. Bagaimana bisa demikian ? Yuk, kita simak penjelasannya. 

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik pencarian dengan menggunakan kata kunci atau frasa yang terhubung dengan halaman-halaman web yang berkaitan. SEO merupakan proses mengoptimalkan faktor peringkat di halaman dan di luar halaman pencarian untuk mencapai peringkat mesin pencari yang tinggi untuk istilah pencarian yang ditargetkan. 

Dalam SEO terdapat aktivitas merancang menulis, dan membuat kode HTML situs WEB untuk memaksimalkan peluang halamannya muncul pada bagian atas hasil mesin pencarian. Misalnya ketika kita mencari informasi pada kolom pencarian dengan menggunakan kata kunci, maka akan muncul pada halaman depan web dengan kata kunci yang berkaitan. Hasil pencarian yang ditampilkan pada halaman depan merupakan pencarian tertinggi. 

Terdapat dua teknik yang digunakan dalam penerapan SEO, yaitu:

  1. SEO On Page : berfokus untuk optimasi pada internal website.

  2. SEO Off Page: berfokus pada backlink. Backlink adalah link dari website yang dapat menguhungkan website satu dengan lainnya. Backlink dapat dikatakan sebagai rekomendasi. Semakin banyak orang yang merekomendasi suatu website maka akan berpeluang besar untuk mendapat perhatian dari mesin pencari. 

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, mulailah dengan dasar yang kuat dan bangunlah jalan kita. Menggunakan sosial media, misalnya, halaman informasi yang kita dapatkan bisa kita bagikan ke sosial media. Sehingga berpeluang untuk mendapat pengunjung lebih banyak. Menggunakan tautan, cara ini juga dapat meningkatkan peluang untuk dilihat oleh pengguna internet lainnya. Menggunakan kata kunci (URL, judul artikel, sub judul) pada website memudahkan pengguna internet untuk dapat menemukan website yang diinginkan. Kemudian, gunakanlah situs yang dapat diakses.

Tujuan dari SEO adalah supaya web atau blog selalu berada pada halaman pertama, sehingga selalu berada pada posisi teratas. Web atau blog yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang yang besar untuk sering dikunjungi. 

Search Engine Marketing (SEM) 

Search Engine Marketing (SEM) merupakan aktivitas marketing yang memanfaatkan iklan berbayar dan akan muncul pada mesin pencarian seperti Google. Secara singkat SEM merupakan aktivitas membeli traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Dengan begitu pemilik bisnis online dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x