Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mengenal 5 Tipe Berpikir Kreatif

11 Agustus 2021   22:09 Diperbarui: 14 Agustus 2021   15:46 757 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal 5 Tipe Berpikir Kreatif
ilustrasi diskusi berpikir kreatif. (sumber: rawpixel.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, kreatifitas atau berpikir kreatif selalu kita gunakan untuk berbagai macam hal. Berpikir kreatif terutama diperlukan saat kita ingin menyelesaikan sebuah masalah, solusi dari masalah tersebut sudah tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara atau solusi-solusi lama. 

Baik itu pada saat kita akan menghasilkan sebuah karya, mendapatkan ide baru, dan menemukan solusi baru bagi sebuah masalah, semuanya itu memerlukan kemampuan kita sebagai manusia untuk berpikir kreatif. 

Sebagai contoh saat kita akan menulis artikel di situs Kompasiana, tentu saja untuk mendapatkan ide-ide artikel baru kita harus melakukan proses berpikir kreatif untuk menghasilkan karya tulis atau artikel tersebut. Hasil dari pemikiran-pemikiran kreatif ini dapat berupa sesuatu yang baru atapun berbeda dari yang sebelumnya.

Creative thinking atau kemampuan berpikir kreatif dapat didefinisikan sebagai berikut:  

Berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan dan mengaplikasikan ide atau gagasan baru bagi suatu hal. Berpikir kreatif bertujuan untuk melihat sesuatu dengan cara yang berbeda, mengidentifikasi masalah dan menghasilkan ide-ide baru. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan cara baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, setelah kita melihat definisi dari berpikir kreatif (creative thinking) di atas, berikut 5 tipe berpikir kreatif yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tipe berpikir kreatif ini dijelaskan oleh Adam Jorlen dalam artikelnya di situs Medium.com. 

Sumber gambar: https://medium.com/@adamjorlen
Sumber gambar: https://medium.com/@adamjorlen

1. Berpikir divergen (divergent thinking)

Photo by Leon on Unsplash
Photo by Leon on Unsplash
Berpikir divergen (divergent thinking) adalah cara berpikir kreatif yang memanfaatkan fleksibilitas dalam mengeksplorasi berbagai solusi atau pilihan cara baru. 

Karakteristik dari berpikir divergen adalah saat kita mengeksplorasi berbagai macam pilihan atau solusi dari masalah yang ingin kita selesaikan. Teknik brainstorming merupakan salah satu cara dalam teknik berpikir divergen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan