Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

6 Tips Membangun Identitas Merek yang Kuat dan Menarik

2 Agustus 2021   14:16 Diperbarui: 2 Agustus 2021   14:59 144 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Tips Membangun Identitas Merek yang Kuat dan Menarik
Photo by rawpixel.com

Membangun citra merek (brand image) dari bisnis Anda sampai bisnis Anda memiliki kualitas kesadaran merek (brand awareness) yang baik dan menjadi merek top of mind di benak konsumen menjadi goal dari setiap pemilik bisnis. Namun, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan proses branding yang panjang dan perencanaan yang baik di tahap awal pembangunan merek dari bisnis Anda.

Brand-brand besar di dunia yang masih bertahan sampai sekarang dan menjadi top of mind di benak konsumen merupakan hasil dari proses branding & marketing yang baik dan perencanaan merek yang tepat di awal serta evaluasi terus menerus untuk memperbaiki serta memperkuat citra merek dari brand tersebut. 

Di tengah gempuran dari berbagai merek yang telah ada di pasaran, salah satu strategi yang dapat Anda gunakan adalah membangun identitas merek (brand identity) Anda dengan baik. Identitas merek yang memiliki kesatuan baik secara komunikasi maupun secara visual dengan bisnis Anda akan membuat merek Anda bisa menonjol (stand out) dari merek-merek kompetitor yang sudah ada di pasaran. 

Sebaliknya, identitas merek yang dari awal sudah membingungkan konsumen dan tidak memiliki kesatuan dengan bisnis Anda, dapat membuat siklus hidup merek Anda di pasaran menjadi pendek yang dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis Anda.

Mengutip dari buku Branding for Dummies, identitas merek (brand identity) dapat di definisikan sebagai berikut:  

Nama dan tanda visual yang mempresentasikan merek Anda, biasanya berupa logo, simbol, atau tipografi yang unik, serta semua elemen pengenal lainnya termasuk warna, bentuk kemasan, bahkan suara dan bau yang terkait dengan merek Anda.

Dari definisi di atas, jika sebuah merek dianalogikan dengan kepribadian seorang manusia, maka identitas merek adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain, pilihan gaya berpakaian kita, parfum yang selalu kita gunakan, sampai karakter dari kepribadian kita yang kita tunjukkan kepada orang-orang di sekitar kita sehari-hari. 

Semuanya itu merupakan identitas dari kepribadian kita yang dapat tertanam dalam benak orang-orang di sekitar kita.

Mengutip dari buku Teknik Mengelola Produk & Merek karangan Christina Ariadne Sekar Sari, ada 6 tips yang dapat kita gunakan untuk membangun identitas merek yang kuat dan menarik:

1. Mudah diingat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN